Indahnya Utara Babel dari Bukit Pala

  • Whatsapp

 

 

Catatan Wartawan Rakyat Pos, Nurul Kurniasih

Setelah Bukit Gebang di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menjadi viral, kini satu lagi bukit di utara Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yakni Bukit Pala yang juga mulai diperlihatkan kepada penikmat wisata. Dari atas bukit ini kita dapat menikmati keindahan pantai, bahkan sunset yang indah di sore hari.

Bukit Pala ini berada di Dusun Pala, Desa Teluk Limau, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat (Babar), berjarak kurang lebih 24 Km dari ibukota Kecamatan Parittiga. Dengan perjalanan darat selama 40-47 menit, atau jika dari Kota Pangkalpinang Ibukota Provinsi Babel menempuh perjalanan sekitar 3,5 jam, para traveler sudah bisa tiba di bukit ini.

Dahulu, Bukit Pala jarang dikunjungi masyarakat. Hanya sesekali saja didaki oleh kelompok pecinta alam. Termasuk penulis yang juga kebetulan berasal tak jauh dari Desa Teluk Limau ini pun, baru pertama kali mendaki bukit ini, setelah hampir 23 tahun dibesarkan di Kecamatan Parit Tiga.

Dari atas bukit, hamparan birunya laut dan paair putih serta bebatuan granit tampak terlihat indah. Sejauh mata memandang, yang terlihat hanya perpaduan antara warna biru dan putih, baik dari pemandangan lautan lepas, awan serta langit yang menambah indahnya pemandangan. Tampak pula Pulau Punai di bawah bukit yang cukup indah.

Beberapa tempat duduk sudah tampak dibangun di atas bukit. Ada juga tempat seperti sangkar burung yang dibuat untuk ber-swa foto. Kemudian ada tempat bersantai yang dibuat di atas pohon diatas batu. Menaiki Bukit Pala, membutuhkan stamina yang cukup prima, karena bukit ini baru dibuka akses jalannya. Sehingga jalan yang baru setapak ini masih terasa licin dan cukup menanjak.

Bagi Anda yang berminat ke Bukit Pala, bisa langsung saja mendatangi Dusun Pala. Sebelum memasuki perkampungan warga, terdapat tulisan Perkuburan Bukit Pala di sebelah kanan jalan, lalu masuk ke dalam gang ini. Sekitar satu kilometer ke atas, anda akan melewati perkebunan sawit. Pelancong bisa memarkirkan kendaraan di perkebunan sawit ini, dan akan dijaga oleh pemuda Teluk Limau.

Wisatawan cukup membayar Rp2.000 untuk biaya kebersihan, dan bisa mendaki ke atas menikmati indahnya ciptakan Yang Esa di utara Pulau Bangka ini. Ketika mendaki, pastikan anda membawa minuman dan makanan ringan untuk disantap di atas bukit karena belum ada pedagang disana. Tapi ingat ya, sampahnya jangan dibuang sembarangan, sudah tersedia kotak sampah di atas bukit.

Bukit Pala ini sejak empat bulan terakhir, mulai dimanfaatkan oleh pemuda Desa Teluk Limau sebagai salah satu destinasi wisata. Adalah Rumpes dan teman-temannya, pemuda Desa Teluk Limau yang mulai membersihkan setapak jalan menuju atas bukit. Meskipun masih sederhana, namun sudah semakin banyak wisatawan yang berdatangan ke bukit ini.

“Kami tergerak untuk menjadikan Bukit Pala ini tempat wisata. Bersama teman-teman kami membersihkan lokasi dan membangun beberapa tempat untuk spot berfoto dan juga tulisan sederhana,” terangnya.

Membangun tempat di atas bukit, diakui Rumpes memang cukup melelahkan. Tetapi dengan dikerjakan bersama, akhirnya spot foto yang ada di atas bebatuan itupun selesai, ditambah bantuan sedikit dari desa dan patungan para pemuda. “Rencananya kami ingin membangun kapal-kapal di atas sana, dan untuk akses jalan kami minta pemerintah bersedia membantu,” timpal Hendri rekan Rumpes.

Mereka berharap, semakin banyak wisatawan yang berdatangan dan ada uluran tangan pemerintah untuk membantu menjadikan destinasi ini semakin terkenal dan mendunia.

Bukan hanya Bukit Pala, ketika sudah berkunjung ke Desa Teluk Limau, wisatawan bisa menikmati keindahan berbagai pantainya. Diantara pantai yang unik, lantaran memiliki hamparan bebatuan besar yang membuat mata takjub dan ingin mengabadikan semua pemandangan indah.

Sebelum Bukit Pala, wisatawan bisa singgah ke Pantai Perantau, Pantai Tanjung Bajun, atau ke Tanjung Pabrik. Di Desa Pala juga bisa ke Pulau Punai yang keindahannya cukup jelas terlihat dari atas bukit. Melewati Bukit Pala ada Pantai Siangau yang luar biasa eksotisnya.

Anda penasaran, ingin merasakan sensasi sentuhan angin dan melihat hamparan lautan dan pasir dari Bukit Pala atau sejumlah pantai perawan lainnya, yuuuk segera jadualkan rencana perjalanan anda ke Bukit Pala. Selamat berwisata guys…. (*)

Related posts