by

Imlek di Desa Rebo Berlangsung Meriah

-Bangka-424 views

 

Imlek –Warga merayakan Imlek dengan ikut parade kostum Imlek di Desa Rebo Kecamatan Sungailiat, Sabtu.(foto/Zuesty)

SUNGAILIAT – Walau diguyur rintik hujan, namun perayaan Imlek di Desa Rebo Kecamatan Sungailiat berlangsung meriah. Perayaan ditandai dengan parade karnaval kostum Imlek, atraksi barongsai hingga hiburan musik. Masyarakat setempat terlihat bersuka cita dalam merayakan puncak Imlek tahun 2017 yang jatuh pada Sabtu, 28 Januari lalu.

Pantauan wartawan, ratusan masyarakat melakukan parade jalan kaki dimulai dengan berkumpul di Vihara Desa Rebo lalu berjalan secara menuju ke Kelenteng Desa Rebo. Iring-iringan peserta parade ditandai dengan musik drum band, kostum merah-merah khas Imlek dan barongsai. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa turut serta meramaikan Imlek di Desa Rebo.

“Ini dalam rangka hari raya Imlek. Pagi-pagi kita awali dengan doa lalu kita lakukan parade. Ini untuk melestarikan budaya kita mulai dari anak-anak dan generasi muda agar mereka mengenal Imlek,” kata Kepala Desa Rebo, Fendi, di sela-sela kegiatan.

Kegiatan yang berlangsung pertama kali di Desa Rebo ini yang selain diisi dengan parade, atraksi barongsai juga bagi-bagi angpao (amplop merah berisi uang). Tradisi Thiong Hoa ini, ia harapkan terus berkelanjutan pada tahun-tahun mendatang dan ia berterimakasih kepada semua pihak, para donatur yang telah mendukung kegiatan Imlek di Desa Rebo.

Sementara itu salah satu warga Desa Rebo yang menggelar Open house, Ahaw (48) mengatakan perayaan Imlek tahun ini bagi keluarganya di Desa Rebo sangat meriah. Imlek biasa dirayakan bersama keluarganya setiap satu tahun sekali. Namun tahun ini ia dan keluarganya bersyukur karena bisa menggelar Open house.

Sementara itu Ahung yang merupakan keluarga lainnya dari Ahaw mengungkapkan, Imlek yang berlangsung pada tahun Ayam Api bertepatan dengan kondisi Negara Indonesia sedang dalam “perpecahan”. Namun, dengan Imlek yang berlangsung di Desa Rebo dan terlihat pembauran masyarakat menunjukkan terjalinnya kebhinnekaan dengan baik.

Bupati Hadiri Perayaan Imlek di Belinyu

Sementara itu, Bupati Bangka Tarmizi Saat, melepas peserta pawai budaya menyambut tahun baru Imlek , Jumat (27/1/2017) malam di Kecamatan Belinyu. Peserta pawai Budaya yang diikuti warga Thiong Hoa Belinyu menampilkan barongsai dan berbagai atraksi budaya masyarakat Thiong Hoa lainnya.

Kendati sempat kota Belinyu diguyur hujan, para peserta pawai budaya dengan suka cita melalui rute yang telah ditentukan diiringi semaraknya suara musik Barongsai. Setelah dilepas dari depan kantor Camat Belinyu, melalui pusat kota Belinyu dan berakhir di rumah ibadah Sinar Bakti.

Bupati Bangka Tarmizi Saat mengharapkan pada tahun baru Imlek ini semakin meningkatkan suasana yang lebih baik, lebih sehat dan bertambah rezeki. Menurut dia, pawai budaya yang diselenggarakan dalam menyambut perayaan imlek merupakan kegiatan positif, ditahun mendatang untuk lebih ditingkatkan.

“Pemerintah Kabupaten Bangka mendukung kegiatan pawai budaya, ditahun mendatang kegiatannya lebih besar lagi,” ujar Tarmizi.

Sementera itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Bangka, Boy Yandra menjelaskan, dukungan yang akan diberikan Pemkab Bangka untuk kegiatan pawai budaya warga Thiong Hoa menyambut Imlek di Belinyu karena kegiatan ini dapat mendukung pariwisata di Kabupaten Bangka.

“ Pawai Budaya di Belinyu menyambut Imlek memiliki keunikan, dapat menjadi salah satu event budaya yang dapat mendukung pariwisata di kabupaten Bangka,” ujar Boy.

Dikatakannya, kerukunan antar umat bersagama di Kecamatan Belinyu khususnya dan Kabupaten Bangka umumnya masih sangat kuat ditunjukkan dengan kegiatan pawai budaya warga Thiong Hoa yang juga dapat disaksikan warga masyarakat lainnya.(2nd/rus/humas/10)

(2nd)

Comment

BERITA TERBARU