Imbas Corona, 56 Perusahaan di Babel Rumahkan 1.559 Karyawan

  • Whatsapp

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG– Dampak dari wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), sebanyak 56 perusahaan di Provinsi Bangka Belitung (Babel) sudah merumahkan sebanyak 1.559 orang pekerja. Dari jumlah itu, sebanyak 221 orang diantaranya diputus hubungan kerja atau di-PHK.

Read More

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Babel, Harrie Patriadie mengatakan saat ini dari data yang ada di dinasnya, sebanyak 56 perusahaan yang merumahkan karyawannya.

“1.559 orang ini akan kita daftarkan Kartu Prakerja (KPK) dan mendapatkan insentif dari pemerintah dengan total Rp3.550.000,” kata Harrie kepada wartawan, Selasa (7/4/2020).

Dia menambahkan, ribuan pekerja tersebut terdiri dari 221 orang di PHK dan 1338 orang yang dirumahkan baik perusahaan umum, hotel maupun restoran.

“Paling banyak yang daftar kartu prakerja di Pangkalpinang 607 orang,”imbuhnya.

Kartu prakerja untuk pekerja yang terdampak Covid-19 di Provinsi Bangka Belitung, menurut dia, diasumsikan dapat mencapai 25000 orang.

Dia mengimbau kepada karyawan ingin mendaftar kartu prakerja dapat mendaftar secara online melalui disnaker kabupaten/kota atau provinsi dengan mencantumkan nomor KTP dan NIK serta nomor telepon.

“Nanti kami akan daftarkan ke Kementerian Tenaga Kerja dan nanti akan ada validasi serta verifikasi, apakah memang benar atau diprioritaskan,” jelasnya.

Mantan Kasatpol PP Pemprov Babel ini menegaskan, bantuan dalam kartu prakerja bagi pekerja yang dirumahkan dan di-PHK bukan dalam bentuk uang tunai, melainkan pelatihan selama empat bulan.

“Insentif ini terdiri dari Rp1 juta insentif keikutsertaan, kemudian empat bulan pelatihan online dimana satu bulannya sebesar Rp600.000 dan insentif survei Rp150.000,” jelasnya. (nov)

JustForex

Related posts