Ikut Pilkada Pakai PDIP, Siapkan Rp7 M

  • Whatsapp

Rustam: Populer dan Finansial Harus Seimbang
PDIP Pertimbangkan Kader Perempuan

PANGKALPINANG- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Bangka Belitung (Babel), Rustam Effendi, membeberkan figur yang akan menjadi calon kepala daerah di tiga kabupaten di Provinsi Babel 2018 mendatang. Selain memiliki popularitas, calon yang akan akan diusung juga harus memiliki finansial yang kuat.

Read More

“Dalam perjalanan politik dibutuhkan kekuatan finansial. Kita akan cari jagoan yang memungkinkan, menjual kombinasi antara popularitas dan finansial, popularitas semata kalau tak ditunjang finansial tidak bisa, maka harus ada keseimbangan,” ungkap Rustam, Senin (3/4/2017) usai menghadiri rapat paripurna di gedung DPRD Babel.

Untuk persiapan finansial, sedikitnya kata Rustam, dibutuhkan sekitar Rp6-7 miliar untuk pilkada di satu kabupaten. Sehingga calon yang akan dijagokan harus sudah siap dengan berbagai konsekuensi. Ia menampik di PDIP, tak ada mahar politik.

“Tak ada mahar, tapi operasional partai, iya, kita tak mau nanti kalau kalah mau bayar uang saksi aja susah, jadi harus ada operasional,” tegas Gubernur Babel ini.

Disinggung PDIP apakah akan kembali mengusung petahana, Rustam menegaskan tetap akan melihat berbagai peluang, termasuk kemungkinan adanya kader baru.

“Semua bisa, tapi ukur dulu baju di badan, kita cari kader baru dan lihat animo masyarakat, yang jelas harus punya mental, jangan begitu kalah tak mau lagi lihat negeri ini,” sebutnya.

Termasuk untuk kader perempuan, juga akan dipertimbangkan oleh PDIP. Tetapi ketika disindir apakah akan menjadikan Istri Walikota Pangkalpinang, Irwansyah untuk dicalonkan, Rustam berkilah.

“Tidak, istri walikota untuk yang lain saja, kita akan koordinasi dengan bapilu (badan pemenangan pemilu-red), konsultasi dan sebagainya, agar tak ada tumpang tindih,” katanya.

Untuk di Bangka dan Belitung, kemungkinan besar PDI-P akan memilih untuk mendapatkan kursi nomor satu, dan Pangkalpinang juga tetap menjadi incaran partai berlambang banteng tersebut.(nov/10)

Related posts