Ibnu Sebut Inokulan Gaharu Bateng Masih yang Terbaik

  • Whatsapp

KOBA – Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh menyebutkan, inokulan gaharu Bangka Tengah masih yang terbaik sampai saat ini di Provinsi Bangka Belitung.

Hal itu dikatakannya setelah mendapatkan hasil gaharu terbaik dari petani di Lubuk Besar saat kegiatan temu petani gaharu di Ruang VIP Bupati Bangka Tengah belum lama ini.

“Ternyata inokulan gaharu Bateng yang terbaik, sejak mulai produksi dari awal sampai sekarang,” ujar Ibnu saat dikonfirmasi belum lama ini.

Dikatakannya, pengakuan inokulan gaharu terbaik tersebut disimpulkan menurut versi petani dan Balai Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Yogyakarta.

“Pengakuan ini bukan saya buat-buat, tapi dari petani gaharu langsung yang telah membuktikan dan dikuatkan dari hasil Litbang Yogyakarta,” terangnya.

Diakuinya, masalah inokulan tidaklah sulit bila didukung oleh pertama inokulasi, kedua pasar dan ketiga anggaran.

“Kalau nggak ada duit dak bisa. Untuk peluang pasar gaharu sampai saat ini masih tinggi karena harga gaharu bisa diatas satu juta atau lebih per kilogram,” tuturnya.

Ia menambahkan, pada tahun 2019 akan dikeluarkan klon atau jenis gaharu Bangka Tengah bekerjasama dengan Balai Besar Kehutanan Jogyakarta. Selain itu, sudah tiga tahun gaharu Bangka Tengah adalah yang terbaik.

“Makanya diperbanyak dan disebarkan kepada masyarakat. Sekarang pun sudah berdiri Himpunan Gaharu Indonesia yang mewadahi hasil gaharu para petani supaya terbantu dalam hal pemasaran,” imbuhnya. (ran/3).

Related posts