by

Ibnu Sampaikan Terima Kasih Kepada TNI AD

Bupati Bangka Tengah menandatangani Berita Acara Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 102 tahun 2018 yang berlangsung di Desa Tanjung Pura Kecamatan Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah. (foto: tamimi).

TMMD Diharap Berikan Kemaslahatan

SUNGAISELAN – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 102 tahun 2018 kembali bergulir di Desa Tanjung Pura Kecamatan Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah.

Kegiatan TMMD yang dimulai tanggal 10 Juli hingga 8 Agustus 2018 tersebut dibuka dengan Upacara Pembukaan TMMD 2018 di halaman SD 12 Desa Tanjung Pura dengan Inspektur Upacara Bupati Ibnu Saleh.

Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pihak TNI AD khususnya Dandim 0413 Bangka atas kerjasama yang baik dengan Pemkab Bateng, sehingga TMMD kembali digulirkan.

Dikatakannya, TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga dan semangat gotong-royong membangun desa.

“Semua bahu membahu memberikan sumbangan pikiran, ide, dan gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan, sumbangan materi dan kebendaan,” ujarnya disela-sela upacara tersebut.

Ibnu mengharapkan kegiatan TMMD yang berbasis kegotong-royongan ini, memberikan kemaslahatan, membantu membangun Sarana dan Prasarana fisik dan non fisik masyarakat Bangka Tengah, khususnya Desa Tanjung Pura.

“Banyak sekali kegiatan yang akan dilakukan dalam TMMD ini, seperti membantu aksesibilitas masyarakat untuk mereka yang akan bekerja, bersekolah, beribadah, dan berkegiatan sosial. Kemudian memugar RTLH, membangun jambanisasi, ataupun sanitasi. Sangat baik untuk meningkatkan derajat kehidupan masyarakat yang lebih layak. Belum lagi upaya-upaya kita mengatasi persoalan kemiskinan di Bateng,” ucapnya.

Ia mengungkapkan tidak ketinggalan upayanya untuk terus mengedukasi masyarakat tentang nasionalisme, ancaman terorisme dan radikalisme, serta bahaya narkoba.

Menurutnya, ini sangat penting strategis ditengah berbagai persoalan kebangsaan dewasa ini.

“Jadi, TMMD bukan semata membangunkan sarana fisik bagi masyarakat desa. Dalam TMMD juga membangunkan semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi,” tukasnya.

Sementara itu, Dandim 0413 Bangka Letkol. ARM Riski Budiyanto mengatakan, pihaknya akan membantu kesulitan masyarakat, seperti melihat akses pendidikan, kesehatan sangat kurang. Maka kami ingin membantu masyarakat untuk nempercepat akses itu, salah satu karena faktor jalan bila warga kena sakit, sehingga cepat tertolong.

Sedangkan untuk anak sekolah tidak perlu lagi keliling saat ke sekolah karena sangat berbahaya, karena ini masyarakat milineal, dengan dibuka jalan itu maka akses jadi mudah.

“Tempat TMMD ke- 102 Tahun Ajaran 2018 di Desa Tanjung Pura. Sasaran adalah sarana dan prasarana fisik berupa pembuatan jalan sepanjang 18 KM rute Tanjung Pura-Sungaiselan. Sedangkan Non Fisik berupa penyuluhan dan sosialisasi, bedah rumah sebanyak 2 unit di Desa Romodon, pelibatan prajurit sebanyak 150 orang melibatkan anggota TNI, Polri dan Satpol PP, beserta anggaran menggunakan APBD Bateng sebesar Rp970 juta,” tambahnya. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU