by

Ibnu Gerakkan Sektor Ekonomi Kreatif

Tekan Pengangguran di Bangka Tengah

KOBA – Bidang ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor andalan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran di Bangka tengah.

“Kalau mengandalkan bekerja di pemerintahan bisa dikatakan tidak ada, bekerja di perusahaan juga penyerapannya rendah. Maka, sektor ekonomi kreatif ini yang terus kami genjot untuk membuka lapangan pekerjaan,” ujarnya, Rabu (18/4/2018).

Diungkapkannya, pihaknya terus mendorong masyarakat untuk dapat mengembangkan produk UMKM, diantaranya tepung, minyak serai wangi, produk makanan berbahan baku ikan dan sejumlah produk kreatif lainnya.

“Semua itu sudah kita kembangkan dalam beberapa tahun terakhir, begitu juga dengan sektor perkebunan, sektor ini bisa diandalkan untuk menyerap banyak tenaga kerja di antaranya sektor perkebunan lada,” ucapnya.

Untuk angka pengangguran di Bangka Tengah sendiri, menurutnya sudah menunjukkan grafik penurunan dan hal itu merupakan kondisi yang bagus karena ditengah gencar-gencarnya meningkatkan pembangunan di berbagai sektor.

“Banyak sekali sektor yang sedang kita kembangkan. Sedangkan sektor perkebunan, perikanan dan UMKM masih tetap menjadi andalan kita untuk memperkuat pondasi perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Ia menambahkan, khusus sektor perkebunan lada sendiri, pemerintah daerah terus mendorong petani untuk meningkatkan produksi dengan menekan biaya produksi dan mengubah pola tanam.

“Sekarang produksi lada petani per batang baru 0,65 ons, saya ingin ditingkatkan lagi minimal mencapai satu kilogram per batang dengan mengubah pola tanam dan menggunakan junjung hidup karena itu dapat menekan biaya produksi,” pungkasnya. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU