Ibnu Berharap Ketua RT Miliki Kemampuan Lebih

  • Whatsapp
Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh foto bersama perangkat RT Se- Bangka Tengah dalam acara Rapat Koordinasi dengan RT Se- Bangka Tengah di Gedung Serbaguna Pemkab Bateng, Rabu (13/03/2019).(foto: tamimi)

Rakor dengan RT Se- Bangka Tengah

KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Rukun Tetangga ( RT ) Se- Bangka Tengah di Gedung Serbaguna Pemkab Bateng.

Bupati Ibnu Saleh langsung menjadi pemapar dalam program pembangunan Bangka Tengah baik tingkat kabupaten, kecamatan, desa, kelurahan dan RT. Turut hadir pula Kepala OPD, Camat, Kades dan Lurah.

“Rakor ini sebagai upaya meningkatkan motivasi kerja Ketua RT yang ada di desa maupun kelurahan dalam memperdayakan berbagai sektor kehidupan masyarakat, yang meliputi pendidikan, kesehatan, ekonomi, keamanan dan ketertiban,” ujar Bupati Ibnu Saleh dalam sambutannya pada acara Rakor tersebut.

Ia mengatakan, partisipasi kelembagaan administrasi desa dan kelurahan serta pemerdayaan perempuan sebagai wujud dari pelaksaan otonomi daerah.

“Kita semua menyadari bahwa pemerdayaan lembaga kemasyarakatan khususnya RT merupakan bagian penting dan starategi untuk suksesnya pelayanan dasar kepada masyarakat,” ungkapnya.

Bupati berharap kedepannya Ketua RT memiliki kemampuan yang lebih memadai dalam menginventaris masalah-masalah yang terjadi, pendataan keadaan masyarakat dan lingkungan sekitar terkait masalah sosial, seperti pendataan disabilitas, anak dan lansia yang terlantar. Anak putus sekolah, penangulangan bencana dan juga dapat menyerap aspirasi masyarakat.

“Saya berharap peran Ketua RT harus lebih baik dari tahun ke tahun. Bila perlu ada inovasi terbaru dalam pelaksanaan tugasnya yang bersifat lebih cepat, rapi dan handal. Selain itu juga Kepala Desa untuk saling berkoordinasi serta kerjasama dengan Ketua RT dalam melaksanakan tugas dan fungsinya,” tukasnya. (ran/3).

Related posts