Ibnu Apresiasi Kesuksesan Petani Trubus

No comment 92 views

Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh Panen Cabe di Kebun Cabe Kelompok Tani Citra Desa Trubus.(foto: ran).

Berhasil Budidaya Cabe Merah

LUBUK BESAR – Bupati Bangka Tengah (Bateng), Ibnu Saleh mengapresiasi kesuksesan petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Citra Desa Trubus berhasil budidaya tanaman cabe merah.

Budidaya tanaman cabe merah tersebut di tanam di atas lahan 2 hektar dengan estimasi produksi 10-16 ton selama usia 3-7 bulan.

“Saya apresiasi dan senang melihat petani yang berhasil budidaya tanaman cabe merah,” ujar Ibnu Saleh disela-sela persiapan panen cabe merah di Desa Trubus.

Dikatakannya, Pemkab Bateng terus mendorong petani cabe merah untuk terus mengembangkan budidaya tanaman cabe di Trubus dan wilayah Bateng lainnya untuk mendukung Bateng sebagai centra produksi hortikultura di wilayah itu.

“Kalau produksi cabe merah petani tersedia, maka tidak perlu lagi impor cabe dari luar karena kita lah jadi produsen cabe merah, ini harus dipertahankan,” katanya.

3 Penyuluh Diberangkatkan ke Luar Negeri

Ibnu Saleh dalam kesempatan itu, kembali menjanjikan pegawai ke luar negeri. Namun kali ini bukan PNS, tetapi kesempatan bagi penyuluh yang dijanjikan diberangkatkan ke luar negeri tahun 2018 yakni Vietnam dan Thailand.

Ada 3 orang kuota penyuluh yang dianggap berprestasi diberangkatkan ke luar negeri. Selama di luar negeri, penyuluh tersebut akan belajar tentang teknologi pertanian, bagaimana cara budidaya pertanian baik hortikultura, tanaman pangan dan perkebunan.

“Kita siapkan tiga orang, silakan para penyuluh berprestasi bersaing untuk mendapatkan tiket ke luar negeri tersebut,” ujar Ibnu Saleh.

Untuk kriteria dan ukuran penyuluh yang berprestasi, ia mempersilahkan Dinas Pertanian dan dinas pangan yang menilai.

“Ukuran penyuluh berprestasi atau tidak, saya serahkan kepada dinas terkait untuk menyaringnya,” tambahnya. (ran/3).

No Response

Leave a reply "Ibnu Apresiasi Kesuksesan Petani Trubus"