Hutan Mangkol Dijadikan Kawasan Wisata

  • Whatsapp

Pengelolaan Kewenangan Kabupaten

KOBA – Hutan Mangkol di Kecamatan Pangkalan Baru akan dijadikan sebagai kawasan wisata ekologi yang dikeloka oleh Pemkab Bangka Tengah (Bateng).

“Hutan Mangkol seluas 6.069 hektare di Pangkalan Baru sudah ditetapkan statusnya menjadi Taman Hutan Raya. Maka ke depan akan dikembangkan menjadi kawasan wisata ekologi,” ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup Bateng, Ali Imron di Koba, Senin (06/03/2017).

Dikatakannya, potensi hutan itu memenuhi persyaratan sebagai kawasan wisata ekologi lantaran masih terdapat banyak flora dan fauna serta kondisi hutan yang tidak semuanya rusak akibat dirambah aktivitas pertambangan bijih timah.

“Pengelolaan Tahura ini, sekarang menjadi kewenangan kabupaten, maka daerah bisa mengintervensi dan mengelola hutan itu sesuai peruntukan,” ucapnya.

Diungkapkannya, sekarang sedang dirancang pengelolaan hutan itu dengan secara perlahan melengkapi fasilitas pendukung untuk menjadikan kawasan wisata ekologi.

“Misalnya, pembangunan jalan dan fasilitas lainnya serta menjaga hutan dari kegiatan pengrusakan diantaranya aktivitas tambang timah, pencurian kayu dan perambahan hutan untuk berkebun,” terangnya.

Ia menambahkan, hutan tersebut akan dibagi menjadi beberapa blok diantaranya blok tradisional dan blok reboisasi sehingga ke depan arah pembangunan hutan lebih jelas.

“Blok tradisional adalah kawasan hutan yang sudah dijadikan kawasan perkebunan oleh masyarakat setempat, maka mereka diberdayakan tanpa mengganggu aktivitas mereka yang sudah berkebun sejak lama di hutan kawasan tersebut,” tukasnya. (ran/3).

Related posts