HUT PPM ke-36 Berlangsung Sederhana dan Khidmat

  • Whatsapp

Santuni Veteran dan Anak Yatim

PANGKALPINANG – Markas Daerah Pemuda Panca Marga (PPM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) PPM ke-36, Selasa (31/1/2017). Perayaan itu digelar sederhana namun khidmat melalui syukuran yang berlangsung di Gedung Hamidah Pangkalpinang.

Turut hadir pada acara syukuran PPM, para veteran/pejuang NKRI asal pulau Bangka termasuk para putra-putri dan keturunan pejuang/veteran RI diselingi pula dengan acara pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua Markas Daerah PPM Babel, Muhammad Irwansyah. Terlihat hadir perwakilan pihak Polda Babel termasuk pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel.

Komandan Resort Militer (Danrem) 045 Garuda Jaya, Kolonel (Inf) Tjatur Putra Gunadi Genah melalui Kepala Staf Korem 045 Garuda Jaya, Letkol (Inf) I Ketut Mertha Gunarda mengatakan selain merupakan organisasi yang selama ini dibina oleh TNI/Polri, organisasi PPM memiliki kesamaan dalam hal tanggung jawab menjaga keutuhan NKRI dalam segala ancaman maupun gangguan yang akan meruntuhkan Bangka atau negara Indonesia.

“Lihat saja di dalam AD ART PPM itu sudah pasti ada Sistahrata atau disebut sistem pertahanan keamanan rakyat semesta. Begitu pula dengan TNI. Jadi antara TNI dan PPM itu hampir sama,”ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut ia berpesan agar hendaknya keluarga PPM di Babel tidak terjerumus dalam kejahatan narkoba, namun sebaliknya PPM di Babel senantiasa berkarya dan menjadi generasi yang dibanggakan bangsa dan negara di Republik Tercinta (RI).

Sekjend PPM Pusat, Saharuddin Arsyad dalam sambutannya mengatakan keberadaan PPM di Indonesia saat ini sesungguhnya tak lain yakni mengawal Tri Dharma Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

“Selain itu meningkatkan kesejahteraan veteran RI dan keluarganya serta mewariskan nilai-nilai kejuangan 1945 kepada generasi muda bangsa Indonesia,” ucapnya dalam sambutannya mewakili Ketua Umum (Ketum) PPM Pusat, H Lulung yang berhalangan hadir ke Bangka lantaran sakit.

Bahkan ia pun berpesan hendaknya para pengurus PPM di seluruh tingkatan di wilayah Indonesia segera melaksanakan dialog kebangsaan serta aksi lainnya sebagai upaya kolektif menghadapi berbagai ancaman bangsa dan negara saat ini.

Begitu pula sambutan yang disampaikan oleh Agus Adaw selaku Dewan Paripurna PPM Provinsi Bangka Belitung saat itu terkesan membangkitkan semangat juang para anggota PPM yang hadir saat itu.

Acara HUT PPM ke-36 tahun 2017 ini pun diselingi pula dengan pemberian santunan kepada 100 anak yatim-piatu termasuk bantuan kepada para veteran di Bangka. Bantuan yang diserahkan tersebut tak lain merupakan bantuan dari pihak pengurus PPM pusat.(bum/10)

Related posts