HUT KORPRI dan Hari Bhakti PU 2019 Diramaikan dengan Aksi Donor Darah ASN

  • Whatsapp
Pj Sekda Babel dan Asisten Administrasi Umum Setda Babel, turut mendonorkan darahnya dalam rangka HUT Kopri dan Hari PU 2019 di Kantor Gubernur Babel. (foto: ist/erna)

PANGKALPINANG – Hari Ulang Tahun (HUT) Ke – 48 KORPRI dan Hari Bhakti PU ke-74 Tahun 2019, diramaikan dengan aksi donor darah oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) baik yang ada di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung maupun instansi Vertikal Provinsi Bangka Belitung.

Kegiatan peduli sesama itu, digelar di Ruang Transit Kantor Gubernur Bangka Belitung, Air Itam, Pangkalpinang, Senin (2/12/2019).

Ketua KOPRI Babel, Yan Megawandi  mengatakan, aksi donor darah dilakukan dapat memupuk rasa solidaritas.

“Kita berharap dengan kegiatan donor darah ini, rasa solidaritas kita menjadi semakin baik. Selain itu, KORPRI Babel ingin menyumbangkan bagi mereka yang membutuhkan,” kata Yan yang ditemui di ruang donor.

Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Bangka Belitung, Darlan, yang juga turut sertra mendonorkan darahnya memberikan apresiasi atas kegiatan ini.

“Kita apreiasi kegiatan donor darah ini. Donor darah ini, sangat berguna untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ujar Darlan usai mendaftarkan diri untuk donor darah.

Menurut Darlan, partisipasi donor darah merupakan bentuk kepedulian ASN sebagai anggota KORPRI kepada sesama.

“Anggota KORPRI harus peduli dengan sesama dan senantiasa meningkatkan rasa kepedulian kita. Kita bekerja harus berintegritas, berkompeten dan disiplin dalam melayani masyarakat,” tambahnya.

Darlan menjelaskan, donor darah merupakan kegiatan yang menyehatkan. “Saya sudah mempersiapkan diri dan ini donor yang ke-33 buat saya. Sehat itu adalah gaya hidup. Tidak merokok, olahraga dan rutin donor darah, karena donor darah itu menyehatkan,” tegasnya.

Terpisah, Ketua PMI Babel, Abdul Fatah melalui Ketua Bidang Donor Darah PMI Babel, dokter Andri menjelaskan, para calon pendonor yang ingin mendonorkan darahnya, sebelum mendonor harus memastikan bahwa secara fisik dalam keadaan sehat dan stabil, tidak dalam masa pengobatan atau menkonsumsi obat-obatan tertentu.

Kemudian petugas donor akan memeriksa kadar HB dan tekanan darah calon pendonor. Setelah dinyatakan sehat, maka selanjutnya donor darah dapat dilakukan.

Andri menyebutkan, dalam aksi donor darah ini diselenggarakan atas kerja sama Korpri Pemprov Babel, Dinas PU Babel, PMI Provinsi Babel dan PMI Kota Pangkalpinang.

Selain Asisten Administrasi Umum, aksi donor darah tersebut, juga diikuti Pj Sekda Babel, Yulizar.  (rell/erna).

Ketua Bidang Donor Darah PMI Babel, dr Andri saat memberikan keterangan Pers. (foto: istimewa).

Related posts