by

Husni Apresiasi Bagian Humas Babar

Wartawan Bangka Barat saat bertatap muka dengan sejumlah wartawan yang meliput di Pemkot Yogyakarta.(foto: hendra).

Ajak Wartawan ke Yogya

MUNTOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menjalin erat hubungan dengan setiap media massa. Pemkot memanjakan awak media dengan berbagai hal diantaranya kerjasama pemberitaan melalui realease yang berbayar, jumpa pers seminggu sekali dan study banding keluar daerah.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Trihastono mengatakan, untuk media massa lokal pihaknya menjalin kerjasama dengan 6 media. Kerjasama itu, meliputi pemberitaan positif Pemkot yang dibayar. Walaupun nilainya tidak besar namun hal itu bisa membawa efek positif terkait Pemkot.

“Itu bentuknya berita biasa bukan advetorial yang setiap bulan kita bayar ke medianya,” ujar Tri saat menerima kunjungan wartawan Kabupaten Bangka Barat (Babar) beserta Bagian Humas Komunikasi dan Protokol Babar Kamis (5/4/2018).

Masih dikatakan Tri, di Pemkot Yogya tidak adalagi Bagian Humas, sehingga semuanya tergabung di Dinas Kominfo. Semua media yang ingin mengetahui informasi kegiatan Walikota dan Wakil Walikota menanyakan ke Kominfo.

Pihaknya juga mengkordinir Dinas terkait melakukan jumpa pers setiap minggu untuk memaparkan program kerja.

“Kalau berita yang kita share ke grup terserah mau terbit atau tidak dan berita atau foto itu sudah menjadi hak milik media kita tidak pakai merk foto milik Kominfo,”urainya.

Untuk media massa terang Tri, pihaknya hanya bekerjasama dengan media yang mau diajak kerjasama namun bukan untuk intervensi media. Karena sekarang ini banyak media massa online bermunculan dan mengajukan kerjasama.

Pihaknya menyerahkan seleksi media massa kepada paguyuban wartawan Pemkot. Untuk meningkatkan kompetensi wartawan pihaknya memberikan dana bantuan hibah kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) guna melakukan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW).

“Kalau di paguyuban semuanya sudah UKW, media yang tidak mau bersahabat kita tinggalkan jangan ambil pusing,” tandasnya.

Sementara itu Kabag Humas Komunikasi dan Protokol Babar Henry Firsanto mengatakan tujuan pihaknya mengajak wartawan yang biasa meliput di Pemkab Babar ke Pemkot Yogya guna meningkatkan wawasan wartawan.

Pihaknya ingin mengambil ilmu guna diterapkan di Babar agar kerjasama dengan media terus ditingkatkan dan mendengar langsung cara Pemkot Yogya menjalin kerjasama dengan mitranya.
“Kami ingin mendapatkan ilmu karena Yogya merupakan kota yang maju dan tentunya banyak wartawannya,” ujar Kabag Humas.

Sementara itu, Ketua Pokja Wartawan Babar Husni mengapresiasi Bagian Humas Babar yang mengajak wartawan guna mendapatkan ilmu ke Yogya. Dari hasil kunjungan itu dapat disimpulkan kalau wartawan harus berkompetensi untuk melakukan peliputan.

Untuk media dan wartawan yang tidak jelas serta tidak mau diajak bekerjasama memang harus ditinggalkan. Pemkot Yogya menyerahkan seleksi wartawan kepada paguyuban wartawan dan kalau wartawan tersebut tidak mau dididik ya mereka tinggalkan.

“Bagus kota semaju Yogya sudah menerapkan itu dan itu bisa diterapkan di Babar karena anggota Pokja semuanya anggota PWI dan sebagian sudah UKW,” ujarnya.

Pada kegiatan itu, Bagian Humas mengajak mitranya yakni Husni Babel Pos, M Nurdin Bangka Pos, Rakyat Pos Hendra Irawan, Radar Bangka Riandi, LKBN Antara Donatus, Radio Pilar Sudiyanto, Radio Duta Karmanto, Humas Polres Bripka Sri Iwan serta staf Bagian Humas.(wan/3).

Comment

BERITA TERBARU