Humas dan Wartawan Babar Kunjungi Pemkot Bogor

No comment 178 views


Muntok – Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat (Babar) bersama Kelompok Kerja (Pokja) wartawan Babar, bertandang ke Humas pemerintah kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/5/2017).

Hadir dalam lawatan tersebut, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Sosial, M Soleh, Kabag Humas dan protokol Pemkab Babar Suwito, Kasubag Romli, pranata humas, Ketua Pokja Husni di dampingi anggota Hendra, Riandi, Anthoni, Donatus, Karmanto dan Sudiyanto.

Rombongan di terima Kabag Humas dan Protokoler Pemkot Bogor, Tyas Ajeng Fitriani Prihandari beserta staf di balai kota Bogor.

Soleh mengatakan, dalam kunjungan tersebut, pihaknya sengaja melibatkan Pokja wartawan Babar. Sebab, Humas dan awak media menjadi pilar dan ujung tombak penyampaian informasi kepada masyarakat.

“Kedatangan kami ke sini, ingin mengetahui cara kerja dan sinergitas antara Humas Pemkot Bogor, dengan awak media. Karena humas dan media menjadi ujung tombak penyampain informasi yang cerdas dan bertanggungjawab pada publik,” ujar Soleh.

Terlebih menurut Soleh, di era digital dan keterbukaan informasi publik ini, humas
pemerintahan tidak hanya membangun hubungan baik dengan masyarakat, namun juga membina relasi dengan media massa.

“Selain ujung tombak penymapaian informasi, Humas juga menjadi fasilitor dalam menyampaikan informasi kepada publik mengenai kebijakan-kebijakan baru yang
diambil Pemkab Babar melalui media dan OPD terkait,” jelasnya.

Sementara, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Babar Suwito, mengaku puas dengan hasil study banding pihaknya ke Humas Pemkot Bogor.

Menurut Wito, sapaan akrabnya, banyak hal dan masukan baru yang pihaknya peroleh dari pranata humas pemkot Bogor. Terutama dalam sistem pranata kehumasaan dan sinergitas dengan awak media.

“Tentunya banyak hal dan masukan baru yang kami dapat disini (Bogor-red). Nanti masukan ini akan kami sampaikan ke pimpinanan, semoga apa yang di dapat hari ini, bisa kami realisasikan di pemkab Babar,” jelasnya.

Senada dengan Soleh, Kabag Humas dan Protokoler Pemkot Bogor, Tyas Ajeng Fitriani Prihandari menjadikan media sebagai mitra dan ujung tombak penyampaian informasi publik.

Bahkan, diakui Tyas Walikota Bogor Bima Arya, selalu melibatkan awak media di setip kegiatan dan event-event di kota Bogor. Tak hanya melibatkan awak media, namun di akui Tyas, humas pemkot Bogor juga memiliki tenaga penulis dan fotografer profesional.

Tenaga penulis dan fotografer ini, bertugas membackup dan mengakomodir segala kegiataan Kang Bima, sapaa akrab Walikota Bogor. Selain tenaga penulis dan fotogrfer, humas pemkot jug mempunyai tim redaksional yang bertugas menyaring pemberitaaan tim penulis.

Setelah matang, rilis dan berita tersebut di upload ke website humas Pemkot Bogor dan akun facebook dan instagram Bima Arya. Ini menjadi cara pemkot Bogor menyampaikan informasi, selain publikasi melalui media cetak dan elektronik.

“Hampir setiap kegiatan bapak selalu melibatkan media. Bahkan agar semua kegiatan terakomodir, kami memperdayakan sejumlah penulis dan fotografer profesional. Mereka ini kemana saja ikut. Nanti rilis itu dipoleh redaksi baru di upload ke group WA, facebook dan Instagram bapak,” pungkas Tyas.(wan/3).

No Response

Leave a reply "Humas dan Wartawan Babar Kunjungi Pemkot Bogor"