Hiu Paus 1 Ton Nyangkut di Jaring Nelayan

  • Whatsapp
Hiu paus yang tersangkut jaring nelayan akhirnya dilepas kembali ke laut. (foto: Dedi Irawan)

Termasuk Spesies Dilindungi
Dilepaskan Kembali ke Laut

TOBOALI – Hiu paus yang beratnya mencapai 1 ton lebih tersangkut jaring nelayan Batu Kodok Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan, saat sedang menjaring di perairan Pulau Mempunai, Rabu (30/10/2019).

Kapolsek Toboali, IPTU Yandri C Akip dikonfirmasi membenarkan bahwa ada nelayan yang menemukan hiu paus tertangkap di sekitar perairan Mempunai Toboali.

“Hiu jenis ini dilindungi dan untuk menjaga kelestariannya warga menarik ikan tersebut kembali ke tengah laut dengan menggunakan kapal untuk dilepaskan,” ujar Yandrie.

Sementara itu, Lurah Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Fandi mengatakan hiu paus itu tertangkap di jaring neyalan pada Rabu (30/10/2019) pagi ketika melaut pada subuh tadi.

“Benar pak, nelayan yang membawa hiu paus ke pantai Batu Kodok. Informasi yang kami terima ikan tersebut terkena jaring nelayan sekitar subuh tadi dan di bawa ke pinggir laut, karena tidak bisa membukanya, jadi hiu itu dibawa ke darat dulu, setelah berhasil dibuka jaringnya, baru dibawa lagi ke tengah untuk dilepas,” imbuh Fandi.

Untuk menjaga kelestarian Hiu pemakan plankton yang merupakan spesies ikan terbesar itu ditarik kembali ke tengah laut untuk diselamatkan. Kondisi ikan tersebut dalam sudah keadaan lemah, sehingga nelayan bersama warga bergerak cepat untuk melepas hiu.

“Ikan ini termasuk spesies yang dilindungi, untuk menjaga kelestariannya warga membawa ikan tersebut ke laut untuk dilepas,” jelasnya.

Tertangkapnya hiu ini cukup membuat heboh nelayan serta warga pesisir pantai Batu Kodok.

Karena bobot hiu yang lebih dari 1 ton ini, nelayan beserta warga pesisir ini awalnya cukup kesulitan membuka jaring hingga akhirnya berhasil dan menariknya kembali ke tengah laut. (raw/6)

Related posts