Hingga Kini, RS Pratama Kriopanting Payung Belum Beroperasi

  • Whatsapp

Supriyadi, Perizinan Masih dalam Proses

TOBOALI – Meski telah diresmikan sejak 2 bulan lalu, hingga kini Rumah Sakit Pratama Kreopanting Payung, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), belum juga beroperasi. Hal ini dikarenakan belum terbitnya surat ijin operasional dari Kemeterian Kesehatan RI. Ketua Komisi Zainudin.

Sekretaris Komisi I DPRD Basel, Samsir sempat mengunjungi RS Pratama Kreopanting dan menemui Direktur Helen Sukendy guna menanyakan langsung tentang kendala apa yang menyebabkan belum keluarnya ijin operasional sampai saat ini.

Dari pertemuan itu, diketahui bahwa belum terbitnya ijin operasional karena belum dilengkapinya Dokumen Analisa Dampak Lingkungaan yaitu Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan hidup.

Demikian dikatakan Sekretaris Komisi I DPRD Basel kepada wartawan belum lama ini. Menurutnya, Perizinan ini, menjadi domain Badan Lingkungan Hidup yang sampai saat ini dokumen UKL dan UPL belum diselesaikan walaupun sudah dianggarkan biayanya.

“Kami mengharapkan Pemkab Basel khususnya dinas terkait agar segera menyelesaikan dokumen UKL dan UPL, agar ijin operasional rumah sakit segera dikeluarkan dan masyarakat secepat mungkin dapat menggunakan fasilitas kesehatan rumah saksi tersebut,” harapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Basel, Supriyadi mengungkapkan, izin UKL-UPL dari Dinas Lingkungan Hidup Basel sudah terbit dan dilanjutkan ke proses perizinan operasional di KPT2T. Setelah izin operasional KP2T terbit baru diteruskan kembali ke Kementrian Kesehatan RI.

“Mungkin Senin sudah keluar izin operasional dari KP2T dan kita lanjutkan ke Kementrian Kesehatan untuk menerbitkan izin operasional dari pusat. Memang saat ini, kita sedang persiapan mulai dari pegawai, peralatan dan perizinannya. Tentu kita berusaha memberikan pelayanan kesehatan secara optimal. Meski belum beroperasi, para tim medis di RS Pratama tetap bekerja di Puskesmas Payung. Selain itu, tentu pelayanan BPJS menjadi prioritas kita, karena BPJS bisa berlaku jika sudah ada izin operasional dari Kementrian Kesehatan. Saat ini, sedang on proses, mudah-mudahan segera keluar dan RS Kriopanting segera beroperasi,” harapnya. (raw/3)

Related posts