Hilangkan Limbah Busuk, PT BAA Kembangbiakan Bakteri

  • Whatsapp

Muharam, Pemkab Bangka Rekomendasikan Tutup

SUNGAILIAT – Perusahaan pengolahan ubi casesa PT Bangka Asindo Agri (BAA) saat ini tengah mengembangbiakan bakteri di pabriknya di kawasan Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung.

Pabrik tapioka itu melakukan ini lantaran limbah yang dihasilkan pabrik menebar bau busuk hingga mengganggu permukiman penduduk. Akibatnya, Pemerintah Kabupaten Bangka menerbitkan rekomendasi agar pabrik PT BAA tutup sementara. Apalagi dalam momen peringatan dan perayaan Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1439 Hijriah, ribuan masyarakat akan datang ke Kelurahan Kenanga untuk berhari raya.

Koni alias Akon, penanggungjawab PT BAA mengaku dilema berkenaan dengan buka tutupnya pabrik tapioka ini. Termasuk dilema dalam menjawab pertanyaan berapa petani ubi casesa dari Belinyu, Jelutung dan Mapur yang mendatangi PT BAA, Rabu (20/9/2017). Petani menyayangkan kerap buka tutupnya pabrik karena hasil panen mereka tidak ada yang menampung.

“Sebenarnya kita dilema. Tutupnya pabrik sebetulnya rekomendasi dari Pemda karena limbah pabrik kita bau. Dari Pemda menginginkan kita tutup karena bertepatan dengan perayaan Muharram di Kenanga,” kata Akon.

Menurutnya, PT BAA tengah memproses limbah pabrik tapioka untuk biogas. Kalau biogas sudah selesai maka tidak akan masalah seperti sekarang ini dan tidak menimbulkan bau.

“Biogas kita belum selesai. Masih pengembangbiakan bakteri, mungkin butuh proses, mungkin tidak lama lagi akan jadi,” kata Akon.

Ketika ditanya butuh berapa lama waktu selesai pengelolaan limbah, Akon mengemukakan pihaknya sudah menyosialisasikan hal itu ke tokoh masyarakat Kenanga beberapa waktu lalu.

“Melalui pimpinan kita, Pak Abu sudah kita bicarakan. Cuma dari Pemda menginginkan kita tutup karena bertepatan dengan perayaan Muharam. Tutup sampai kapan belum bisa dipastikan. Kita berusaha secepat mungkin agar biogas kita itu cepat selesai. Target pimpinan kita sekitar 2 mingguan. Kalau bisa secepatnya tetapi itu kita belum janji juga,” pungkasnya. (snt/1)

Related posts