Hikmah Positif Wabah COVID-19 Bagi Wanita Karir

  • Whatsapp
MAGDALENA, S.Pd
Guru Kimia dan Produktif NKN SMK Negeri 4 Pangkalpinang, Babel

Tahun 2020 baru saja memasuki bulan yang ke-empat, ini artinya masih baru saja kita memasuki tahun yang baru dengan semangat yang baru dan dengan segala resolusi baru yang telah dirancang dan disusun dengan penuh pertimbangan. Namun apa yang terjadi saat ini, tak seorangpun dapat membayangkan dan menebaknya. Bagaikan “petir di siang hari” menyambar dan menghanguskan segala apa yang sudah dirancang, semuanya berubah, kacau dan berantakan. Tapi inilah kehidupan, manusia hanya bisa merancang, namun kembali Tuhan yang menentukan.

Wabah Covid-19 telah memberikan suasana baru dalam kehidupan, tidak hanya di negara kita Indonesia, namun sudah menjadi masalah hampir di seluruh negara di dunia. Setiap hari berita di media massa membuat hati deg-degan, pikiran menjadi kacau, adrenalinpun terkadang meningkat, bahkan rasa percaya diri bisa saja jadi berkurang jika ada rasa sedikit pusing, batuk dan flu, padahal ini hanyalah influenza biasa. Sulit rasanya saat ini untuk berpikiran positif di tengah kecemasan global saat ini.

Namun seperti pepatah mengatakan “Ada Hikmah di balik Musibah”, tentu kita akan menemukan sebuah makna positif di balik wabah Covid-19 ini. Makna positif yang dapat kita ambil tentunya akan menjadi suatu semangat baru dan motivasi bagi diri untuk menjadi tetap kuat, semangat dan tetap berkarya di tengah kondisi dan keadaan saat ini.

Hikmah positif wabah Covid-19 ini juga berlaku bagi seorang ibu yang menjadi wanita karir. Istilah wanita karir dapat diartikan dengan wanita yang berkecimpung dalam kegiatan profesi (usaha, perkantoran dan sebagainya) dengan melakukan berbagai aktivitas untuk meningkatkan hasil dan prestasinya. Di mana terkadang waktu seorang ibu selaku wanita karir lebih banyak berada di luar rumah ketimbang di dalam rumah bersama anak-anak dan suami tercinta. Rutinitas akan pekerjaan yang harus dikerjakan setiap harinya tentunya sudah tercatat dalam schedulee yang tidak boleh terlewati sedikitpun karena jika sampai terlewati, maka akan ada masalah baru yang muncul.

Baca Lainnya

Dengan kesibukan yang penuh dan aktivitas yang padat, terkadang seorang wanita karir bahkan sampai harus kehilangan waktu ataupun momen-momen indah dari perkembangan dan pertumbuhan dari anak-anak yang dia cintai. Namun beginilah pilihan yang sudah dia pilih demi suatu kepentingan yang sudah menjadi keputusan bersama tentunya didalam rumah tangga.

Waktu weekend ataupun hari libur tanggal merah adalah waktu yang sangat dinantikan dan ditunggu, karena pada waktu itulah dia dapat memiliki waktu lebih untuk bersama keluarga bahkan waktu untuk memanjakan dirinya sendiri. Walaupun terkadang waktu itupun masih digunakan untuk menyelesaikan sebuah tugas mendesak yang harus diselesaikan dengan segera.

Umumnya seorang ibu yang bekerja di luar rumah sebagai wanita karir, sering merasa bersalah pada dirinya sendiri, berpikir tidakkah anak-anak akan kekurangan kasih sayang dan perhatian?

Oleh karena itu, tidaklah heran jika seorang ibu karir maka akan mempunyai pekerjaan yang rangkap. Selain dia harus bekerja, tetapi dia juga harus menjadi seorang ibu yang mendidik, mendampingi dan menjadi teman bagi anak-anaknya sekaligus sebagai seorang istri bagi suami. Karena peranan wanita sebagai istri adalah sangat penting bagi kebahagian suami dan anak-anaknya. Istri yang bijaksana dapat menjadikan rumah tangganya sebagai tempat yang paling aman dan menyenangkan bagi suaminya, menjadi sahabat dan teman terbaik bagi anak-anaknya.

Ketika adanya wabah Covid-19 yang memaksa dan mengharuskan setiap orang untuk Stay at Home alias di Rumah Saja, hal ini tentu menjadikan sesuatu hal yang wah bagi seorang ibu karir. Ini artinya, dia akan memiliki waktu yang lebih banyak bersama anak-anak dan suami tercinta, dan akhirnya memberikan dampak yang positif baik bagi keluarga tercinta maupun untuk karirnya sendiri.

Keharusan mengkarantina diri memberikan peluang lebih banyak bagi orang untuk menghabiskan waktu di rumah. Yang bisanya hanya bertemu sebelum berangkat bekerja dan setelah pulang kerja, sekarang waktu berinteraksi langsung dan bercengkrama dapat terlaksana setiap waktu.

Inilah salah satu dampak positif bagi keluarga yang dapat kita ambil hikmahnya dari wabah Covid-19 ini. Para orang tua terlebih seorang ibu karir jadi dapat lebih banyak membimbing anak-anak dalam mengerjakan tugas sekolah, menikmati waktu bersama  melakukan aktivitas di dapur seperti membuat masakan kesukaan anak-anak, membuat olahan menu makanan baru, membaca buku bersama, bahkan berolahraga bersama di rumah. Keadaan ini juga dapat memberikan dampat positif bagi penguatan ketahanan keluarga dan penguatan ibadah dalam keluarga. Waktu beribadah bersama keluarga semakin meningkat, rasa peduli dan saling mengingatkan semakin tertanam. Yang mungkin selama ini lebih mementingkan ego masing-masing, sehingga membuat kedamaian didalam keluarga semakin terasa, saling mencintai dan menghargai semakin tertanam.

Waktu yang banyak dalam kebersamaan membuat seorang ibu wanita karir merasa seolah-olah dapat membayar akan apa yang telah dia lewati selama ini, dan dapat mengobati sedikit luka yang tertoreh di hatinya.

Selain berdampak positif bagi keluarga, wabah Covid-19 juga memberikan dampak positif bagi kair. Dimana dengan lebih banyak waktu di rumah, berarti semakin banyak waktu dan kesempatan untuk mengembangkan kreativitas mandiri yang dapat dilakukan untuk menunjang karirnya. Jika seorang guru, maka selama masa Covid-19 ini semakin banyak kesempatan untuk mempersiapkan materi pelajaran secara online ataupun mengeluarkan bakat dan kemapuan dalam bidang literasi dengan membuat sebuah tulisan yang membangun dan memotivasi untuk kemajuan dibidang pendidikan, dan terlebih tentang masalah yang sedang kita hadapi saat ini, agar semangat dan jiwa berkarir tidak menurun, karena keadaan ini dan tidak melupakan tugas dan kewajibannya sebagai seorang wanita karir. Pembagian waktu yang semakin teratur dan rasa solidaritas dan kekompakan yang semakin terjalin memberikan semangat baru dan motivasi baru bagi seorang wanita karir untuk tetap menikmati masa-masa karantina yang indah ini dengan tetap menjaga kesehatan keluarga dan asupan makan bergizi agar dapat melewati masa pandemic Covid-19 ini dengan penuh sukacita dan ucapan syukur.

Biarlah kiranya setiap kita mengambil hikmah positif dari keadaan saat ini, agar kita semua tetap tenang, sehat dan kuat serta berdoa bersama agar keadaan ini segera berlalu dan kita dapat melakukan segala aktifitas kita dengan penuh ketenangan.(***).

Related posts