Hidup Sehat, Cegah PTM dengan “CERDIK”

  • Whatsapp

Oleh: dr. Asikadriansari
Dokter Umum di Puskesmas Girimaya Pangkalpinang

Beberapa hari kemarin, umat Islam di seluruh dunia, termasuk juga di Pangkalpinang, merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah. Berbagai hidangan nikmat tersaji baik di rumah sendiri atau di rumah kerabat. Waktu liburan yang ada dimanfaatkan untuk bersilaturahmi dan berwisata ke tempat wisata bersama keluarga, sehingga sering kita melupakan pentingnya menjaga asupan makanan dan menyisihkan waktu buat berolahraga. Dan tidak banyak yang setelah lebaran ketika memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan, ternyata hasilnya kolesterol, kadar gula, asam urat meninggi.
Tidak sedikit juga yang ketika di cek tekanan darahnya ternyata tensinya juga meningkat. Penyakit Kadar Gula Tinggi atau Diabetes Mellitus, Kolesterol Tinggi atau Hiperkolesterolemia, Asam Urat Tinggi atau Hiperurisemia dan Darah Tinggi ataupun Hipertensi ini, termasuk ke dalam Penyakit Tidak Menular (PTM). PTM adalah penyakit yang bisa kita cegah dan kendalikan. Penyakit lain yang termasuk PTM adalah Jantung, Stroke, Gagal Ginjal, Kanker, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), Kanker, dan lain-lain.
Penyakit tidak menular ini, memang ada pengaruh keturunan, tetapi hanya beberapa persen saja. Selebihnya faktor yang menyebabkannya adalah faktor gaya hidup yang kurang sehat, misalnya merokok, konsumsi makanan tidak sehat, asupan karbohidrat berlebihan, kurangnya olahraga dan kebiasaan bergadang di malam hari. Untuk mencegah dan mengendalikan penyakit tidak menular ini, maka kita bisa melakukan “CERDIK” yaitu: Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik dan olahraga, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup, Kendalikan stress.

Pertama, Cek Kesehatan Secara Berkala. Seringkali masyarakat kita melakukan pengecekan kesehatan ke fasilitas kesehatan apabila sudah ada keluhan yang terasa. Kebiasaan seperti sebaiknya harus mulai diubah. Sebaiknya paling tidak setahun sekali kita harus melakukan pengecekan kesehatan atau general check up. Apabila orang tersebut sudah menderita PTM maka lebih baik pengecekan dilakukan minimal sebulan sekali.
Kedua, Enyahkan Asap Rokok. Racun yang terkandung didalam asap rokok merupakan salah satu faktor penyebab PTM. Orang yang menghirup asap rokok baik karena dia perokok pasif, perokok aktif atau third hand smoker semuanya berisiko untuk terkena PTM seperti penyakit paru, jantung, stroke, darah tinggi, kanker mulut, kanker pita suara bahkan impotensi dan kemandulan. Jadi, kita bisa mengendalikan salah satu faktor penyebab PTM dengan cara tidak merokok dan menghindari asap rokok.
Ketiga, Rajin Aktifitas Fisik dan Olahraga. Sekarang banyak keluarga yang memiliki asisten rumah tangga, sehingga segala urusan bersih-bersih rumah diserahkan ke asisten rumah tangga, sehingga membuat kurangnya aktifitas fisik. Padahal, dengan melakukan aktifitas fisik seperti menyapu rumah, mengepel itu membuat tubuh kita bergerak dan menyehatkan. Kesibukan sehari-hari kita dalam bekerja dan mengejar karir terkadang juga membuat kita lupa untuk berolahraga. Padahal, olahraga itu membuat tubuh sehat dan bisa mengontrol berbagai penyakit tidak menular seperti Diabetes Mellitus, Hiperkolesterolemia, Hipertensi, dan lain-lain. Olahraga yang baik itu, dilakukan rutin dan tidak terlalu memaksakan diri. Bagi orang yang masih dalam usia produktif, olahraga dianjurkan dilakukan 150 menit per minggu. Berbagai olahraga yang bisa dilakukan antara lain jogging, berenang, bersepeda, senam aerobic, yoga, dan lain-lain. Untuk orang yang sudah tua atau lansia, orang dengan sakit jantung atau stroke tidak perlu memaksakan diri. Cukup melakukan olahraga yang ringan dan mudah, seperti berjalan kaki semampunya.
Keempat, Diet Sehat dengan Kalori Seimbang. Diet sehat dengan kalori seimbang adalah pola konsumsi makanan yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, mencakup pemilihan makanan rendah gula, rendah garam, rendah lemak, tinggi serat dan kalori seimbang. Zat gizi yang dibutuhkan untuk hidup sehat adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Porsi makan yang baik sekali makan bisa dilihat seperti gambar dibawah ini. Jangan lupa untuk cuci tangan sebelum makan dan konsumsi air putih. Minimal kita harus mengkonsumsi air putih 2 liter per hari. Konsumsi gula maksimal 4 sendok makan dan konsumsi garam maksimal 1 sendok teh serta konsumsi lemak maksimal 5 sendok makan.

Kelima, Istirahat yang Cukup. Setelah seharian disibukkan dengan berbagai pekerjaan dan berbagai aktivitas, tubuh kita tentu butuh istirahat. Untuk istirahat yang dianjurkan adalah 6-8 jam dalam sehari. Saat terlelap otak akan membersihkan racun-racun tidak berguna yang terentuk ketika kita berpikir seharian. Tidur adalah salah satu istirahat terbaik bagi tubuh yang dapat mengembalikan energi, sehingga seseorang siap menjalankan aktivitas pada keesokan harinya.

Keenam, Kendalikan Stres. Pada zaman sekarang, manusia hidup seringnya berada dalam tingkat tekanan atau stressor yang tinggi, baik dalam masalah pekerjaan, kehidupan ekonomi, dan berbagai aspek kehidupan yang lain. Stress dapat menjadi faktor pemicu yang menyebabkan berbagai penyakit PTM seperti Diabetes Mellitus, Hipertensi, Jantung, Stroke, dan lain-lain. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengendalikan stress adalah dengan memperbanyak beribadah, berolahraga, meditasi, menjalani hobi-hobi yang menyenangkan hati, selalu berpikiran positif dan melupakan hal-hal negatif di masa lalu.
Jadi, seberapa sibuknya kita dengan segala pekerjaan dan aktivitas kita, atau sebergembiranya kita dengan perayaan-perayaan hari besar di dalam hidup kita, maka kita jangan lupakan untuk selalu hidup “CERDIK”, sehingga kita bisa menikmati setiap momen di dalam hidup kita dengan keadaan selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit tidak menular (PTM). Salam CERDIK.(***).

Related posts