Hidayat Prihatin Banjir di Bangka

  • Whatsapp
Calon Gubernur Babel, Hidayat Arsani berbaur bersama warga saat berkampanye. Hidayat menyatakan keprihatinannya terhadap warga yang terkena musibah banjir di Babar, Bangka dan sejumlah titik di Bangka Tengah. (Foto: Teguh)

Ajak Masyarakat Perbanyak Reboisasi

PANGKALPINANG – Calon Gubernur Provinsi Bangka Belitung yang juga Wakil Gubernur nonaktif, Hidayat Arsani menyatakan keprihatinannya terhadap musibah banjir yang menimpa sebagian warga Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka dan beberapa titik di Kabupaten Bangka Tengah. Ia mengajak tim relawan, pemerintah daerah dan masyarakat untuk membantu warga yang terkena musibah ini.
“Secara pribadi maupun Wagub nonaktif, saya prihatin musibah banjir kembali terjadi. Tahun lalu saat Imlek begini, kita sudah ditimpa banjir, sekarang tahun ini banjir juga. Allah Sang Pencipta benar-benar sedang menguji kita, mari kita renungkan bersama dan mari bersama-sama, pemerintah, relawan, instansi-instansi dan semua pihak kita bantu saudara-saudara kita yang sedang mendapat musibah banjir ini,” ajak Hidayat Arsani saat ditemui di kediamannya, kemarin.
Ia tak menampik, banjir terjadi selain karena curah hujan yang besar di awal tahun, ditambah pasang air laut juga karena titik-titik penyanggah air sudah mulai berkurang. Kawasan hutan mangrove, sepadan sungai dan banyak gundulnya hutan, ikut memicu terjadinya banjir. Karena itu, reboisasi dan restorasi lingkungan secara besar-besaran menurutnya ada solusi terbaik.
“Saat ini di Bangka Barat ya yang parah, di Kabupaten Bangka ada beberapa titik dan Bangka Tengah. Kita sangat prihatin, kita sudah kerahkan tim untuk membantu. Dulu kita jarang ada banjir, sekarang gempa pun sudah terjadi di Jebus sana. Kita harus menjaga lingkungan, reboisasi sangat penting. Tambang banyak, reboisasi dan reklamasi juga harus banyak, agar seimbang. Sekarang mungkin alam sudah marah pada kita semua, mari bersama-sama kita jaga lingkungan,” imbau Dayat sapaan Hidayat Arsani.

Galakkan Pertanian
Sementara itu, saat kampanye blusukan di Kabupaten Bangka Barat pada Kamis malam (26/01/2017), Cagub nomor urut tiga ini yakin warga Bangka dan Belitung tidak akan tergoda dengan tawaran uang saat Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Bangka Belitung (Pilkada Babel) 2017. Program yang akan ia jalankan, menurut Hidayat, lebih menarik perhatian warga Babel, yakni penyediaan lapangan kerja, pertanian dan perkebunan.
“Saya kira orang Bangka Belitung sudah cerdas. Semua ingin perbaikan ekonomi, lapangan kerja dan kesejahteraan. Ngapain sih terima duit berapa ratus ribu, terus lima tahun susah,” ujarnya.
Oleh karena itu, Hidayat bersama dengan tim suksesnya mengajak masyarakat untuk bersama mengawal Pilkada serta meminta mata rakyat agar bisa langsung dilibatkan guna mengawasi perhelatan Pilkada.
Tentang money politic, Hidayat yakin kecurangan yang kerap dilakukan para calon setiap maju dalam bursa Pilkada, tidak mendidik masyarakat. Salah satu contoh program yang menjanjikan baginya adalah pengembangan pertanian melalui bantuan pupuk, bantuan modal bagi UKM, serta bantuan pendidikan bagi anak sekolah.
“Sekarang kita harus optimis Bangka belitung akan bisa maju. Kita ingin petani kita sejahtera, saya sudah keliling mereka ingin pertanian maju, pupuk mudah dan harga jual panen terjamin. Kita akan siapkan itu, pelaku UMKM juga sama, modal dan pemasaran kita akan fasilitasi. Untuk anak sekolah program BAGUS (Bantuan Gubernur Untuk Sekolah) jadi solusinya, seragam buku dan fasilitas kita siapkan, untuk yang berprestasi kita kasih beasiswa,” tutur Hidayat.
Selain itu, sambung Hidayat, pasangannya tak akan sungkan untuk tegas membenahi birokrasi, bahkan sudah banyak kasus korupsi yang ia laporkan kepada aparat penegak hukum.
“Komitmen saya anti korupsi, saya juga satu-satunya pejabat di Babel yang pernah melaporkan sendiri dugaan kasus korupsi. Saya gak main-main untuk ini,” tegasnya. (tgh/1)

Related posts