Heboh! Bayi Laki-laki Dibuang

No comment 678 views

BAYI JELITIK – Bayi laki-laki lucu dengan nama Al Faqih Jibril Bahri inilah yang dibuang orang tuanya di pinggiran Jalan Jelitik Sungailiat, Rabu sore (14/6/2017). Menurut pesan surat yang menyertainya, bayi ini baru berusia dua hari dan ingin dititipkan di Panti Asuhan Al Muttaqin Sungailiat. (Foto: Zuesty Novianti)

Ditemukan di Pinggir Jalan Jelitik
Tertulis Pesan Bernama Al Faqih Jibril Bahri

SUNGAILIAT – Dipertengahan Ramadhan 1438 Hijriyah ini, warga di sekitar Kelurahan Jelitik, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung heboh. Pasalnya, seorang bayi berjenis kelamin laki-laki dibuang oleh orang tuanya di pinggiran jalan Jelitik, tepatnya di dekat objek wisata religi Dewi Kwan Yin, Sungailiat.
Kabar penemuan bayi ini baru diketahui tadi malam, setelah dibawa warga ke rumah sakit Medika Stania di Sungailiat. Sebelumnya, bayi lucu ini telah ditemukan sejak Rabu sore sekitar pukul 17.00 WIB oleh Joni alias Agoel (29) warga Tambang 23, Lingkungan Tunas Kelapa, Sungailiat.
Informasi yang dihimpun wartawan menyebutkan, bayi malang yang ditemukan di kawasan RT 05 Jelitik, tidak jauh dari Pesantren/Panti Asuhan Yayasan Al Muttaqin ini bermula ketika Joni alias Agoel pulang dari Tambang 23 hendak ke rumah mertuanya. Saat melintas dengan sepeda motor di Jalan Jelitik dekat Wihara Dewi Kwan Yin, Agoel terkejut melihat ada bayi laki-laki di pinggir jalan dalam keadaan tertutup kain bergambar Tigger dan Poo. Disamping bayi berkulit putih tersebut, terdapat juga tas berwana pink berisi surat-surat pesan diduga dari orang yang membuang bayi.
Menemukan hal tak biasa itu, Joni alias Agoel kemudian menghubungi Ketua RT 05, Akhiun dan anggota Bhabinkamtbmas Kelurahan Jelitik, Bripka Herri. Selanjutnya, ia langsung membawa bayi itu ke rumah ketua RT untuk dibersihkan dan membaca tiga surat yang ditinggalkan bersama sang bayi.
Surat berbentuk pesan dalam tulisan tangan itu, pertama berisi kata-kata “Assalamualaikum, Wr, WB. Kepada penemu bayi ini saya mohon tolong titipkan bayi ini ke Yayasan Panti Asuhan Al- Muttaqiin saya sangat membutuhkannya dan saya sangat berterimakasih jika permohonan saya ini dikabulkan. Tolong berikan surat ini ke Yayasan Panti Asuhan. Terimakasih semoga ridho dan hidayah selalu menyertai anda.”
Surat kedua berbunyi, “Assalamualaikaum, Wr, Wb. Kepada Panti asuhan Al- Muttaqin saya ingin memohon pertolongan agar bisa merawat bayi kami yang bernama Al Faqih Jibril Bahri untuk saat ini kami benar-benar belum bisa untuk menafkahi anak kami. Saya akan menjemputnya 2 hingga 3 tahun yang akan datang tolong jaga dan rawat dia dengan baik. Maaf dengan cara seperti ini saya melakukannya semoga Allah tetap melindungi kita semua. Untuk semuanya saya ucapkan terimakasih.”
Dan surat ketiga berisi, “Assalamualaikum, Wr, Wb. Hai teman-teman ini adalah biodata saya perkenalkan nama saya Al Faqih Jibril Bahri saya lahir pada tanggal 13 Juni 2017 agama saya Islam senang berkenalan pada teman semua?.”
Setelah membaca surat-surat itu, Joni alias Agoel bersama ketua RT membawa bayi bernama Al Faqih Jibril Bahri ini ke rumah sakit untuk pengecekan kesehatannya. Wartawan sempat mendatangi rumah sakit tempat bayi itu diperiksa. Satpam rumah sakit membenarkan ada bayi yang dibawa oleh warga, namun tidak lama dan sempat tidak disangka kalau merupakan bayi hasil temuan.
“Awalnya disangka bayi sakit, rupanya bayi temuan. Tidak lama di sini, hanya diperiksa sebentar lalu dibawa pulang, bayinya masih hidup,” sebut satpam yang berjaga tadi malam ketika ditemui sekitar pukul 22.30 WiB.
Di rumah sakit juga terlihat anggota kepolisian dari Polsek Sungailiat dan Polres Bangka. Tampak Kasat Reskrim Polres Bangka, AKP Andi Purwanto dan Kepala SPKT melakukan penyelidikan dan meminta keterangan pihak rumah sakit. Kasat Reskrim membenarkan ada temuan bayi dibuang ini. Hanya saja ia mengaku baru tiba di rumah sakit dan bayi sudah dibawa pulang ke Jelitik.
“Benar, tapi sudah dibawa lagi ke Jelitik, saya baru datang. Coba ke Polsek Sungailiat,” ujarnya. Sayangnya Kapolsek Sungailiat hingga berita ini dirampungkan belum memberi jawaban atas konfirmasi yang dilakukan wartawan.
Namun sebelumnya didapat kabar bahwa sekitar pukul 16.45 WIB tak berapa lama bayi tersebut ditemukan, warga Jalan Dewi Kwan Yin atas nama Senen alias Anen (29) sempat menyapu rumah dan melihat mobil Toyota Avanza warna hitam yang tidak diketahui plat nomor polisinya lewat di jalan itu. Mobil tersebut melintas dengan kecepatan tinggi, dan diduga penumpangnya usai menurunkan bayi ini di pinggir jalan. Kini kasus penemuan bayi ini tengah diselidiki polisi. (2nd/1)

No Response

Leave a reply "Heboh! Bayi Laki-laki Dibuang"