HBI ke-70, Ribuan Masyarakat Ikut Jalan Sehat

  • Whatsapp
Wali Kota Maulan Aklil, Kakanwil Kumham Babel, Anang Saeful Anwar, Dandim 0413/Bka Kolonel Inf Pujud Sudarmanto, Waka Polres Kompol Erlichson Pasaribu dan unsur Forkopimda Kota Pangkalpinang melepas peserta Jalan Sehat bersama Kantor Imigrasi Pangkalpinang dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke- 70 dan Penyebaran Informasi Keimigrasian di Alun-alun Taman Merdeka (ATM) Pangkalpinang, Minggu (19/1/2020). (foto: Bambang Irawan)

PANGKALPINANG – Ribuan masyarakat mengikuti Jalan Sehat bersama Kantor Imigrasi Pangkalpinang dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-70 dan Penyebaran Informasi Keimigrasian di Alun-alun Taman Merdeka (ATM) Pangkalpinang, Minggu (19/1/2020).

Para peserta jalan santai ini dilepas oleh Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil, Kakanwil Kumham Babel, Anang Saeful Anwar, Dandim 0413/Bka Kolonel Inf Pujud Sudarmanto, Wakapolres Pangkalpinang Kompol Erlichson Pasaribu dan unsur Forkopimda Kota Pangkalpinang.

Kakanwil Kumham Babel, Anang Saeful Anwar menuturkan bahwa semua pelayanan yang diberikan oleh Imigrasi Pangkalpinang telah berbasis IT, tanpa dipungut biaya apapun juga.

“Semua pelayanannya tanpa dipungut biaya yang tidak sah atau tidak sesuai dengan biaya yang diberlakukan. Untuk itu, semua yang memerlukan pasport dan Keimigrasian lainnya silahkan datang ke kantor Imigrasi, pasti akan dilayani dengan sepenuh hati,” imbuh Anas.

Baca Lainnya

Kepala Divisi (Kadiv) Imigrasi Kakanwil Kumham Babel, Eko Budianto mengatakan, jalan sehat ini dalam rangka memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke- 70 yang telah berjalan sejak beberapa tahun silam.

“Rangkaian dari HBI ini, ada jalan santai, bhakti sosial yang sudah kita lakukan Jumat kemarin di Kelenteng Surya Darma. Ada juga lomba-lomba seperti volly, tenis meja dan gaple. Nanti, pada Jumat akan ada acara tabur bunga di taman makam pahlawan,” kata Eko kepada awak media, disela-sela kegiatan jalan santai.

Sedangkan puncak peringatan HBI ke- 70 Tahun 2020 ini diakhiri dengan upacara yang akan digelar di Kantor Imigrasi Pangkalpinang.

“Puncaknya, Senin kita akan melaksanakan upacara HBI. Kalau saya lihat, antusias masyarakat pada hari ini (Minggu) cukup luar biasa, sebanyak 5300 tiket yang dibagikan oleh Kantor Imigrasi Pangkalpinang,” ungkapnya.

Jalan santai ini, diakui Eko, pihaknya menyediakan hadiah yang cukup banyak sekitar 200 lebih item, diantaranya dua unit sepeda motor, sepeda, kulkas dan hadiah lainnya.

“Momentum ini memang salah satu mandat Dirjen Imigrasi untuk mengoptimalkan pelayanan publik. Kedepannya, kami akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat apa itu Imigrasi, jadi tidak hanya masalah pasport, tapi masalah orang asing juga,” ujar Eko.

Lebih lanjut dia mengatakan, pelayanan paspor simpatik merupakan salah satu bentuk optimalisasi pelayanan publik.

“Pelayanan pasport simpatik ini tidak dilakukan pada hari kerja, bisa pada hari libur, Sabtu atau Minggu dan bisa juga tidak ditempat-tempat selain Kantor Imigrasi. Ini sebagai wujud pelayanan kita yang mengakomodir bagi masyarakat yang bekerja dari Senin sampai Jumat,” ulas Eko.

Oleh karena itu, dia mengharapkan ke depan lebih berusaha untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul, sebagaimana dimandatkan oleh Presiden Jokowi.

“Prinsip utamanya, kita akan mewujudkan SDM unggul. Ini harapannya target kerja kita bisa tercapai, pelayanan publik semakin meningkat dan kepuasaan publik akan semakin baik,” pungkas Eko. (bis/)

Related posts