Hari Pertama, ASN Pemprov Sumbang 48 Kantong Darah ke PMI Babel

  • Whatsapp
Asisten Administrasi Umum Setda Babel, Darlan turut menyumbangkan darahnya.(foto: istimewa).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Pelaksanaan aksi donor darah dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia Tahun 2020, yang diselenggarakan Palang Merah Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (PMI Babel) bekerja sama dengan PMI Kabupaten Bangka, berjalan lancar dan sesuai rencana.

Di hari pertama giat, tepat Rabu (24/6/2020) di Mako SatPol PP Babel, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, berhasil menyumbangkan darah untuk masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Babel, sebanyak 48 kantong darah.

Kabid Pelayanan Darah PMI Babel, dr Andri Nurtirto mengatakan, seharusnya darah yang didapatkan sebanyak 62 kantong, sesuai dengan jumlah peserta yang telah mengisi formulir. Namun, karena ada pendonor HB-nya rendah, tensi darah rendah, baru minum obat, maka yang diperoleh hanya 48 kantong.

“Target awal kita untuk di hari pertama aksi donor di Mako SatPol PP ini, sebagaimana yang sudah disampaikan Pak Wakil Gubernur yang juga menjabat Ketua PMI Babel, Abdul Fatah, sebanyak 53 kantong darah. Untuk hari pertama ini, pendonor berasal dari ASN Sapol PP, Setwan, Bappeda, Inspektorat, Bakuda, dan DP3ACSKB,” ungkap Andri.

Baca Lainnya

Untuk hari berikutnya, kata dr Andri akan dilakukan di tempat berbeda dengan peserta yang berbeda pula, namun masih dari pegawai Pemprov Babel.

Sementara itu, sebelumnya, Wagub Babel Abdul Fatah menargetkan Pemprov dapat menyumbangkan sebanyak 132 kantong darah selama aksi donor darah yang digelar Pemprov Babel dalam beberapa hari atau tahap.
Wagub yang juga menjabat Ketua PMI Babel, mengatakan, target Pemprov tersebut dibuat sesuai dengan data pendonor yang diterima PMI Babel.

Para pendonor darah merupakan perwakilan dari 20 Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemprov Babel. “Beberapa hari sebelum pelaksanaan aksi donor darah, kami PMI Babel terlebih dulu mengirimkan surat beserta formulir data pribadi pendonor. Dari formulir tersebutlah diketahui berapa jumlah pendonor yang akan mendonorkan darahnya,” kata Abdul Fatah.

Wagub berharap target 132 kantong darah di lingkup Pemprov Babel yang dibagi dalam beberapa tahap itu, bisa tercapai.

“Giat kemanusiaan ini, kami lakukan guna membantu persediaan darah di PMI Kabupaten/Kota yang ada di Babel. Karena kita tahu kan, di masa pandemi Covid-19 ini, persediaan darah di PMI Kabupaten/Kota menipis,” ujar Wagub didampingi Kabid Pelayanan Darah PMI Babel, dr Andri Nurtirto, dan Sekretaris PMI Babel, Mardani.

Abdul Fatah menambahkan, giat donor darah yang dimulai dari tanggal 24 Juni 2020 ini, tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, jaga jarak, periksa suhu tubuh dan cuci tangan.(vip/rel)

Related posts