by

Hari Ini , KPU Uji Publik Dapil Kursi DPRD Bateng

KOBA – Dijadwalkan hari ini, Kamis (8/2/2018), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Tengah menggelar uji publik Daerah Pemilihan (Dapil) kursi DPRD Bateng 2019 di Hotel Santika, Pangkalan Baru.

“Agenda besok (kemaribn-red) , sesuai PKPU Nomor 5 tentang Perubahan PKPU Nomor 7 tahun 2017 tentang uji publik terkait Dapil. Pesertanya yakni Parpol, staekholder, unsur Forkominda, pers dan elemen masyarakat terkait uji publik Dapil DPRD Bateng,” ujar Suryansyah, Ketua KPU Bateng, Rabu (7/2/2018).

Dikatakannya, hasil penetapan Dapil berdasarkan jumlah penduduk dan Dapil yang lama. Apakah ada penambahan Dapil, katanya sampai saat ini tidak ada penambahan dan tetap sebanyak 3 Dapil dan 25 kursi.

“Penetapan ini berdasarkan jumlah penduduk Bateng sebanyak 180.222 jiwa (DAK 2013), sedangkan kini berkurang menjadi 175.064 jiwa berdasarkan DAK Mendagri 2017 dan persiapan Pemilu 2019. Keputusan juga sesuai dengan KPU RI Nomor 165 tahun 2017,” tuturnya.

“Kami akan mengundang sejumlah pemangku kepentingan untuk kegiatan uji publik ini, sekaligus tanda tangan hasil penetapan daerah pemilihan,” timpal Suryansyah.

Ia menjelaskan, uji publik tersebut hanya bersifat penyampaian saja dan sekaligus meminta pandangan serta masukan dari para pemangku kepentingan.

“Pada prinsipnya hanya menyampaikan saja hasil daerah pemilihan yang sudah kami rumuskan, itu hasil validasi dari KPU Bangka Tengah,” katanya.(ran/ant).

Comment

BERITA TERBARU