Hari ini 13 Partai Menumpuk Daftar di KPU

  • Whatsapp

Gerindra Belum Satupun Unggah Silon

PANGKALPINANG – Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (KPU Babel), hari ini Selasa (17/7/2018) dipastikan akan disesaki oleh para pengurus partai politik. Pasalnya, hari ini terakhir pendaftaran bakal calon legislatif untuk Pemilu 2019 yang dibuka sejak pukul 08.00-00.00 WIB. Dan dari 16 Parpol (Partai Politik) yang disahkan mengikuti Pemilu, hingga Senin (16/7/2018) baru empat Parpol yang mendaftar. Bahkan, Partai Gerindra Babel saat mendaftar, belum satupun mengunggah Bacaleg dalam Silon.
Ketua KPU Babel Davitri menyampaikan, hingga kemarin baru empat partai yang mendaftar kepada pihaknya. Yakni Partai Perindo, Gerindra, Nasdem dan Hanura.
“Nasdem masih dalam proses dan Gerindra sampai sekarang belum selesai mengunggah Silon. Kita harapkan bisa cepat selesai diunggah,” kata Davitri.
Dilanjutkannya, selama proses pendaftaran parpol kemarin masih berjalan dengan lancar, begitu juga proses dalam Silon. “Sisa partai yang belum mendaftar 12 partai. Terkait pengajuan bakal calon mengacu pada PKPU 20 tahun 2018. Yang agak berat adalah verifikasi syarat bakal calon. Kalau mengajukan 100 persen, maka ada 45 calon yang diverifikasi. Terkait dengan pengajuan bakal calon tinggal mencocokkan dengan Silon sampai dengan tanggal 18. Pendaftaran 17 Juli sampai jam dua belas malam dan kita akan melanjutkan verifikasi hingga 18 Juli,” jelasnya.
Mengenai banyaknya Parpol yang akan mendaftar hari ini, KPU Babel telah mempersiapkan tenda untuk Parpol sembari menunggu proses pendaftaran.
“Kalau untuk mendatar bisa ketua, sekretaris dan LO. Tapi kalau Parpol yang mendaftar membawa banyak (orang), kita telah menyiapkan tenda. Kalau ada yang mendaftar, kita minta mereka menunggu di tenda, karena tidak semuanya bisa masuk. Kita harap partai mendaftar bisa siang hari,” harapnya.
Sementara itu, Ketua Bawaslu Babel Edi Irawan menyampaikan, proses pendaftaran caleg hingga kemarin, berjalan lancar. Bawaslu hanya memastikan, KPU dapat memberikan kepastian hukum dalam persoalan pencalegan.
“Dan kami ingin memastikan kembali pada masa tahapan ini sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Mengingat baru empat partai yang mendaftarkan pencalegannya, ada 12 partai yang belum mendaftarkan diri. Kita harapkan partai politik yang mendaftar semuanya dapat terlayani oleh KPU,” tegasnya.
Dari pantauan wartawan di sekretariat KPU Babel kemarin, Partai Nasdem mendaftarkan calegnya pada pukul 14.00 WIB, dilanjutkan dengan Partai Gerindra. Namun pada saat penyerahan berkas pendaftaran, tidak satupun nama Bacaleg Gerindra yang diunggah ke dalam Silon. Dan pada pukul 15.30 WIB, Partai Hanura menyerahkan seluruh berkas ke KPU dan prosesnya pun berjalan lancar.
Ketua DPD Hanura Babel Haryadi usai mendaftar mengatakan, Partai Hanura Babel menargetkan satu fraksi untuk di DPRD Provinsi Babel maupun di kabupaten/kota.
“Semua partai menargetkan satu fraksi, kita lihat kenyataannya nanti di 2019. Yang pasti persyaratan pendaftaran dan berkas Partai Hanura sudah lengkap dan selesai dan ada tanda terimanya. Untuk calon DPR RI dari Hanura, ada Tellie Gozalie, Ayu Azhari dan Wiwin. Dengan posisi ini, kami bisa meraup banyak suara,” tukasnya optimis. (ron/1)

Related posts