Harapan Pemuda Bangka Selatan

  • Whatsapp
Penulis : Falih Nasrullah, S.Pi
Mahasiswa Manajemen Pembangunan Daerah Pasca Sarjana IPB

Demokratisasi merupakan alat perjuangan untuk mewujudkan harapan-harapan yang dicitakan untuk mencapai kemakmuran. Bertepatan pada hari sumpah pemuda 28 Oktober kali ini, semangat dan jiwa sumpah pemuda perlu digelorakan kembali dalam jiwa generasi muda sekarang. Karena arah dan perjuangan Bangka Selatan terletak pada sikap kritis dari generasi muda, dan perbaikan keadaan pembangunan daerah akan bertumpu pada generasi mudanya.

Berbicara mengenai pembangunan daerah, tentulah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, akan tetapi menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat, termasuk pemuda. Pembangunan di daerah akan sangat dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia yang ada. Semakin mumpuni kualitas sumber daya manusia (SDM), maka semakin cepat pula kemungkinan terjadinya pembangunan yang lebih berkualitas.

Read More

Sumber daya manusia merupakan fakta dinamika yang memerlukan suatu pengolahan tepat, sehingga benar-benar menjadi faktor pokok pembangunan. Disamping manajemen, sumber daya manusia sangat ditentukan oleh sifat sumber daya manusia itu sendiri, yang selalu berkembang baik jumlahnya maupun mutunya. Melihat jumlah penduduk berusia (Pemuda) yang telah ditetapkan menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, Kabupaten Bangka Selatan menurut data dari (BPS Kabupaten Bangka Selatan, 2020) mempunyai jumlah pemuda dan pemudi ( 60.693).

Melihat jumlah atau kuantitas, sumber daya manusia Pemuda/Pemudi Bangka Selatan seharusnya sudah mampu untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif, mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam (SDA) demi mewujudkan tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Sebelum melangkah lebih jauh jikalau kita berbicara mampukah Pemuda/Pemudi Bangka Selatan menjadi lokomotif pembangunan (?) dan menurut perspektif penulis sebagai pemuda disini, penulis menyatakan mampu. Tetapi harus digaris bawahi bahwa untuk melakukan suatu perubahan pembangunan di Bangka Selatan, kita juga harus mempunyai kualitas. Kenapa pemuda/pemudi harus mempunyai kualitas, karena kualitas SDM dinilai menjadi penentu apakah mampu menjadi daerah kreatif dan maju.

Related posts