Hanura Siapkan 4 Kader, PDIP Bawa 14 Nama ke DPP



Pilkada Pangkalpinang 2018

PANGKALPINANG – Menjelang Pilkada serentak 2018, bermunculan kader-kader yang dinilai potensial akan ikut mengambil peran. Begitu halnya untuk Pilkada Kota Pangkalpinang. Partai Hanura misalnya, sejumlah kader yang dikomandoi OSO (Oesman Sapta Odang) itu dipastikan siap berlaga dalam pesta demokrasi lima tahunan di ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu.

“Ya, sudah ada 14 orang yang mengambil formulir dan tujuh orang sudah mengembalikan. Kader Hanura yang disiapkan ada empat, pak Alexander, Satria, Romulus dan saya sendiri,” ujar Ketua DPC Hanura Pangkalpinang Rachman Rizal kepada wartawan, di gedung DPRD Pangkalpinang, Kamis (10/8/2017).

Menurut dia, dalam proses menuju tahapan Pilkada Pangkalpinang 2018 DPC, DPD hingga DPP sangat berperan menjalankan fungsinya masing-masing. Oleh karenanya, setiap tingkatan ada tim yang dibentuk untuk menjalankan proses tersebut. Yakni, tim TPC, TPD hingga TPP.

“Beberapa hari lagi, TPP dan TPD akan menjadwalkan untuk mendengarkan visi misi para bakal calon. Tidak hanya Pangkalpinang, Belitung induk dan Bangka induk juga. Sedangkan akhir Agustus ini, nama-nama yang akan diusung akan disampaikan ke DPP,” imbuhnya.

Sekretaris Komisi II DPRD Pangkalpinang itu pun menegaskan, pihaknya akan merekomendasikan calon kepala daerah yang akan diusung ke DPD maupun ke DPP, berdasarkan hasil survei. Oleh karenanya, tim survei dari TPC, TPD dan TPP pun akan bekerja keras untuk merekomendasikan calon hingga nantinya diusung oleh DPP Hanura. “Ya, intinya akan disurvei, itu yang akan direkomendasikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan sudah mencatat belasan nama kandidat yang berkesempatan besar maju di partai berlambang moncong putih itu. Baik calon walikota maupun wakil walikota Pangkalpinang lima tahun kedepan.

Beberapa nama mencalonkan sebagai walikota yakni Muhammad Sopian, Sarjulianto, Hardi, Saparudin alias Udin, Dharma Sutomo, Elly Rebuin, Djunaidi Thalib dan Endang Kusumawaty. Sementara, posisi wakil walikota ada nama Zeki Yamani, Edison Taher, M Irham, Maulan Aklil, Rina Tarol dan Ahmadi Sofyan.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Pangkalpinang, Herly Firdaus saat ditemui wartawan, Kamis (10/8/2017). Ke-14 nama ini, kata dia, sudah diplenokan di tingkat DPC pada 31 Juli lalu. Dan sudah disampaikan ke DPD PDI Perjuangan Bangka Belitung.

“Sudah kita sampaikan nama-namanya ke DPD, bisa juga komunikasi di tingkat DPD. Yang jelas penjaringan akan melalui DPP,” ungkap Herly.

Sesuai arahan DPP katanya, dimunculkan kader PDI Perjuangan yang sejalan dan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat. Proses survei menjadi yang terpenting bagi partai untuk menentukan siapa yang akan maju dalam pertarungan Pilwako mendatang.

“Proses survei yang nanti akan kita lihat. DPD rapat tanggal 15 (Agustus-red) ini, segera akan dibawa ke DPP. Ada 14 nama, proses selanjutnya di DPP, proses wawancara. Kita tidak tahu ada yang mendaftar di DPP atau DPD kita hanya mengamankan yang di DPC,” urainya.

“Kita pisahkan antara balon walikota dan wakil walikota. Survei yang menentukan nantinya, yang penting sudah masuk dalam pendaftaran. Syarat pertama untuk mencalonkan diri dari PDI Perjuangan harus mendaftar,” tambahnya.

Lebih jauh, dia menegaskan para kandidat harus mengikuti mekanisme yang ada di partai. Yang jelas, pada Pilwako ini, PDI Perjuangan dimungkinkan akan merilis nama kandidat lebih cepat dari biasanya. “Dalam Rakerda juga kita minta penetapan calon lebih cepat, agar kita bisa bergerak cepat tak seperti sebelum-sebelumnya,” tutupnya. (ron/10)

 

No Response

Leave a reply "Hanura Siapkan 4 Kader, PDIP Bawa 14 Nama ke DPP"