by

Hanura, Partai Pertama Daftar Bacaleg ke KPU

-Politik-533 views

PANGKALPINANG- DPD Partai Hanura Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi partai pertama yang mendaftarkan Bacaleg (Bakal Calon Legislatif) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Babel, Jumat (13/7/2018).

“Sesuai dengan instruksi DPP, kita mendaftar dan konsultasi dulu. Jangan sampai nanti tanggal 17 balik lagi. Kita konsultasi dan mendaftar, besok masih melengkapi berkas karena masih ada berkas yang kurang dari Belitung,” kata Ketua DPD Hanura Babel Haryadi kepada wartawan.

“Kalau keterwakilan perempuan, tidak ada kekurangan. Makanya kita konsultasi dulu, apa kelengkapan-kelengkapannya. Dan yang kita, tiga orang yang berkasnya belum masuk ke DPD,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU Babel Davitri menyampaikan, Partai Hanura sudah melakukan registrasi pukul 15.53 WIB. Namun, ketika dilakukan pemeriksaan berkas, masih ada yang belum diunggah dalam proses Silon dan itu wajib ada,” katanya.

“Mereka tadi mengatakan cukup konsultasi saja dan kita juga sudah memberikan informasi agar mengunggah berkas persyaratan yang kurang. Kita tunggu apa sampai besok, atau sampai tanggal 17,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, berkas Partai Hanura yang masih kurang yakni, keterwakilan perempuan 30 persen di Dapil IV Belitung dan Belitung Timur. “Yang dikonsultasikan oleh Hanura, seperti di Dapil Babel IV Belitung dan Belitung Timur, 30 persen keterwakilan perempuan belum tercukupi. Partai yang lain belum ada yang mendaftar, baru konsultasi-konsultasi,” katanya. (ron/10)

Kosongkan Tiga Bacaleg

Sementara itu, bertepatan dengan 13 Juli 2018, pukul 13.00 WIB serta nomor urut parpol 13, Partai Hanura Kota Pangkalpinang mendaftarkan Bacaleg nya ke KPU Pangkalpinang.

“Hari Jumat tanggal 13, pukul 13.00 WIB dan Hanura nomor urut parpolnya 13, semoga ini memberikan angin segar dan keberkahan buat kami Partai Hanura Pangkalpinang yang pertama kali di KPU mendaftarkan diri sebagai peserta legislatif di 2019 mendatang,” kata Ketua DPC Partai Hanura Kota Pangkalpinang, Satriya Mahardhika kepada wartawan, Jum’at (13/7/2018).

Dia menjelaskan, Hanura Kota Pangkalpinang menargetkan pada pemilihan legislatif mendatang mendapatkan empat kursi di DPRD Kota Pangkalpinang.

“Intinya harus mencapai target empat kursi, jadi satu dapil satu kursi. Kalau itu gagal, artinya saya yang gagal, saya akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyeleksi kader yang berpotensi dan hampir 100 persen dari Hanura dari kader Politik Partai Hanura,” terangnya.

Kemudian untuk keterwakilan perempuan, kata Satria, sudah memenuhi 30 persen sebagai mana yang dipersyaratkan oleh KPU. “Keterwakilan perempuan 30 persen juga tercukupi dan tidak ada kekurangan di dapil manapun,” katanya.

Dalam hal ini DPC Hanura Kota Pangkalpinang, hanya mendaftarkan 27 Bacaleg dari 30 kursi yang tersedia untuk DPRD Kota Pangkalpinang.

Adapun tiga Bacaleg yang batal didaftarkan oleh Hanura Pangkalpinang yakni, Dina Dapil I Bukit Intan-Girimaya, Alumri Dapil II Rangkui dan Anita Dapil III Taman Sari-Gerunggang.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Pangkalpinang, Yusuf mengatakan untuk pendaftaran peserta pemilihan legislatif ini dibuka hingga 17 Juli 2018. “Waktu pendaftaran hingga tanggal 17 Juli dan baru Hanura yang mendaftarkan diri, sedangkan partai lain belum ada yang memberitahu untuk mendaftarkan diri pada hari ini,” kata Yusuf. (ron/10)

Comment

BERITA TERBARU