Guru SMP Tanjung Labu dan Pongok Dikenalkan Jurnalistik Dasar

  • Whatsapp

 

Pelatihan Jurnalistik bagi Siswa dan Guru SMP Kecamatan Lepar Pongok dan Kepulauan Pongok (ist)

*Bersama Siswa SMP

Read More

LEPARPONGOK – Perwakilan guru dan siswa dari beberapa sekolah SMP di Kecamatan Lepar Pongok dan Kepulauan Pongok Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik dasar yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Basel dengan menggandeng Kelompok Kerja (Pokja) Jurnalis Basel, Kamis (12/3/2020).

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangka Selatan, Sumadi melalui Pengawas SMP Supardi dalam sambutannya berharap pelatihan jurnalistik ini dapat meningkat gerakan literasi sekolah. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca sehingga minat menulis pun akan tumbuh.

 

“Manfaatkan waktu ini sebaik baiknya, sehingga materi yagn disampaikan dapat diterapkan untuk kegiatan jurnalistik sekolah, atau tulisan artikel yang lain, foto dan video, selain untuk sekolah juga bisa dikirimkan ke media” jelas Supardi.

 

Ketua Pokja Jurnalis Basel Dedy Irawan mengungkapkan pelatihan jurnalistik dasar ini diharapkan dapat memerikan materi dasar sehingga para guru dapat menungkapkan semua kegiatan sekolah ke dalam tulisan dan dikirim ke media. Kegiatan ini menjadi pemmbuka ruang komunikasi bagi guru khususnya untuk mengirimkan karya karya jurnalistiknya ke media.

 

“Kadang kala ada guru yang tidak tahu, tulisan artikel, cerpen yang dibuat mau dikirim kemana, ada banyak kegiatan sekolah layak dipublikasi, momen ini menjadi pembuka ruang bagi guru untuk mengirimkan karya karya jurnalistiknya” kata Dedy.

 

Sementara itu, Sekretaris Pokja Jurnalis Wiwin Suseno mengatakan pada pelatihan ini para siswa diajarkan langsung langsung penulisnya dan guru bertindak sebagai editor tulisan para siswanya. “Setelah pelatihan ini kita harapkan nanti sekolah sekolah akan mengirimkan hasil karya jurnalistiknya ke media, karena banyak potensi karya jurnalistik yang dapat dituangkan ke dalam sebuah tulisan” ungkapnya.

 

Pokja Jurnalis Basel menghadirkan narasumber Eko Septiyanto Rasyim (Antara), Andre S (Babelreview), Devi DP (Klikbabel), Ade Imanda (Babelhitskumparan). (raw)

JustForex

Related posts