Gubernur Umumkan UMP Babel Tahun 2020

  • Whatsapp

Sebesar Rp 3.230.023,66

PANGKALPINANG- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman didampingi Wagub Babel, Abdul Fatah, Kadisnaker Pemprov Babel dan Dewan Pengupahan mengumumkan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2020.

UMP yang ditetapkan sebesar Rp 3.230.023,66 ini mulai diberlakukan pada 1 Januari 2020 dan diharapkan dapat dilaksanakan oleh semua perusahaan yang ada di Babel.

Erzaldi menjelaskan, ketetapan kenaikan upah ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 tahun 2015 dengan rumusan yang mengacu pada angka inflasi nasional sebesar 3,39 persen dan pertumbuhan ekonomi nasional 5,12 persen.

“Upah meningkat, kinerja pekerja juga harus ditingkatkan, jangan malas-malasan lagi, tunjukan kerja yang profesional,” kata Erzaldi.

Pengumuman UMP 2020 ini, juga dihadiri oleh SPSI Babel, Dinas Kominfo, Humas Setda Pemprov Babel, sejumlah awak media dari berbagai media massa dan pihak terkait lainnya.

Dia menegaskan, bahwa UMP ini bukan hambatan bagi perusahaan untuk berinvestasi di Babel, karena pemerintah tegasnya, ingin melindungi pekerja dan meningkatkan kesejahteraan pekerja khususnya para buruh. “Kami berharap perusahaan mentaati aturan ini,” imbaunya.

Dia juga meminta, agar disnaker untuk segera mensosialisasikan aturan ini kepada perusahaan agar ketika 1 Januari mendatang semua perusahaan sudah menerapkan.

“Disnaker sering-sering turun ke lapangan, cek, jangan menunggu aduan dari pekerja, karena terkadang belum sempat kita proses aduan masuk, pekerja yang lapor sudah dipecat,” pesannya.

Wakil Ketua Dewan Pengupahan, Suradi menjelaskan pihaknya ikut terlibat dalam penetapan UMP 2020, dan kenaikan ini sudah disesuaikan dengan kondisi ekonomi.

“Kami berharap, kinerja pekerja juga semakin meningkat, dan perusahaan mentaati keputusan yang sudah ditetapkan ini,” pungkasnya.(nov/10)

Related posts