Gubernur Sholat Idul Adha dan Potong Sapi Kurban Bersama Masyarakat Desa Air Bara

  • Whatsapp

AIR BARA BANGKA SELATAN – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, bersama Istri Melati Erzaldi Minggu (11/8/ 2019) melaksanakan Sholat Idul Adha 1440 H di Masjid Nurul Akbar, Desa Air Bara, Kabupaten Bangka Selatan.
Bertindak selaku imam sholat Ied adalah Amrin Gani Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pangkalpinang, dan Khotib Ustadz Irwan Pimpinan Ponpes Hidayatullah Teru.
Dalam khutbahnya, Khotib Irwan mengupas momentum ibadah haji dan sejarah kurban Nabi Ismail AS, sebagai generasi anak sholeh. Menurut khotib, Nabi Ibrahim AS berperan sebagai bapak pembangun karakter anak sholeh. Sedangkan seorang ibu seperti Siti Hajar, Ibunda Nabi Ismail AS, menjadi madrasah pertama bagi anak-anak, yang mampu mempersiapkan bangsa yang baik di kemudian hari.


Kehadiran Gubernur didampingi Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, Kepala Biro Kesra Asyraf Suryadin serta sejumlah ASN dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dan komedian lokal Munir.
Sebelum sholat ied, gubernur mengajak jamaah untuk memaknai Idul Adha lebih dari sebuah ketaatan kepada Allah SWT, serta kepedulian bersama dan berbagi.
Dan ditemui usai Shalat Idul Adha, Gubernur Erzaldi mengatakan, Idul Adha ini dapat dimaknai untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. “Melalui usaha kita dengan berkurban, bukan hanya berkurban hewan, baik sapi maupun kambing, tetapi lebih dari itu, yaitu bagaimana mengimplementasikan hati kita untuk berkurban dalam rangka meraih ketakwaan kepada Allah SWT, sekaligus mencontoh nabi Ibrahim AS, sebagaimana beliau menjadi bapak terbaik di dunia ini, yaitu mampu mendidik anaknya untuk menjadi patuh dan soleh,” ungkap Gubernur.


“Hal ini juga menjadi teladan bagi kita menjadi orang tua yang baik dalam menciptakan anak-anak soleh dan berkarakter. Orang tua yang baik adalah orang tua yang mampu mendidik anaknya menjadi anak berkarakter yang baik. Tetapi demikian, sebagai orang tua jangan sampai terlalu sayang kepada anaknya, sehingga justru menjadi anak yang manja. Orang tua harus juga tegas ketika anak-anaknya berbuat salah atau tidak benar,” imbau Gubernur.
Selain Sholat Idul Adha, Gubernur Erzaldi juga juga melakukan pemotongan sapi kurban bersama masyarakat Desa Air Bara. Sebanyak enam ekor sapi kurban disembelih, termasuk sapi kurban dari Gubernur Erzaldi.
Gubernur Erzaldi sendiri memotong hewan Kurban di tempat itu, dan mencotohkan serta seraya berharap masyarakat mengetahui bagaimana cara memotong hewan Kurban sesuai dengan Syariat Agama Islam.
Usai Pemotongan Hewan Kurban, Gubernur bersama rombongan dan masyarakat Makan (Nganggung) Bersama di Balai Pertemuan Desa setempat. (Lulus/Humasprov/Adv)

Related posts