by

Gubernur Jamin Tenaga Kontrak Bebas Titipan

-NEWS-99 views
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman memantau jalannya uji kompetensi tenaga kontrak di ruang Computer Assisted Test (CAT) Pemprov Babel, Senin (15/4/2019). Ia menjamin perekrutan tenaga kontrak ini bebas dari titipan. (Foto: Nurul Kurniasih)

Erzaldi: Tak Ada Titip Menitip
Akan Ikut Wawancarai Peserta

Pangkalpinang – Proses perekrutan atau penerimaan tenaga kontrak di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) yang sempat sedikit molor, kini telah memasuki tahap uji kompetensi Computer Assisted Test (CAT). Dan Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman menjamin bahwa rekrutmen ini bebas dari titipan.
“Tak ada titip menitip, semua mengikuti seleksi yang kita laksanakan. Menggunakan CAT ini hasilnya bisa langsung terlihat, tetapi akan kita umumkan bersama,” katanya disela memantau jalannya uji kompetensi tenaga kontrak di ruang Computer Assisted Test (CAT) Pemprov Babel, Senin (15/4/2019).
Erzaldi tak menampik, ada beberapa kenalannya yang meminta peserta diloloskan dalam seleksi ini. Namun ia menegaskan tidak akan ikut campur dalam proses seleksi yang dilaksanakan oleh BKPSDM Babel ini. Apalagi ia menginginkan, rekrutmen ini berjalan secara fair, dan peserta yang tidak memenuhi passing grade, akan gugur dengan sendirinya.
Dalam tes kompetensi ini, kata Erzaldi, peserta mengisi soal psikotes yang mengukur kemampuan secara komprehensif dan melihat sisi lainnya. Setelah lulus uji kompetensi, peserta akan mengikuti seleksi wawancara. Dan gubernur memastikan akan ikut mewawancarai peserta.
“Saya nanti yang akan tes wawancara kalian langsung,” imbuhnya.
Pantauan wartawan harian ini, seleksi kompetensi sesi pertama yang digelar pagi hari, tampak sepuluh orang dari 70 peserta ujian tidak hadir. Sehingga dalam sesi satu yang berlangsung pukul 08.00-09.00 WIB, hanya diikuti 60 peserta dan dilanjutkan dengan peserta lainnya pada sesi berikutnya.
Kasubbid Perencanaan dan Pengadaan Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BKPSDM Babel), M. Erisco Nurrahman menyebutkan, sebanyak 659 peserta yang lulus administrasi dijadwalkan mengikuti tes kompetensi selama dua hari. Satu hari terbagi dalam lima sesi, dengan 70 peserta setiap sesi.
“Para peserta harus menjawab 150 soal dengan waktu 60 menit, yang terbagi menjadi dua jenis soal,” ujarnya.
Diakui Erisco, soal psikotes ini memang telah disiapkan tim, dan menggunakan sistem CAT Assessment dengan metode psikotes.
“Ada dua jenis yang diukur yakni kemampuan intelektual, sikap dan potensi kerja dan kemampuan interpersonal. Untuk intelektual 60 persen dari sikap, potensi dan kemampuan interpersonal itu 40 persen. Nilai keduanya kalau dijumlah dengan nilai ambang batas 65,” bebernya.
Ia menyebutkan, peserta akan berhadapan dengan seleksi menggunakan sistem gugur. Dimana untuk tes selanjutnya akan diambil dua kali dari kuota peserta. Kemudian, hasil seleksi ini akan diumumkan setelah Pemilu. Dan peserta tes Satpol PP akan mengikuti tes kesamaptaan, baru diumumkan bersamaan untuk mengikuti test wawancara.
“Mei, kita targetkan rekrutmen baru ini sudah masuk kerja,” tutup Erisco. (nov/1)

Comment

BERITA TERBARU