by

Gubernur Ingin Setiap Desa Ada Lembaga Wakaf

-Berita Kota-82 views

PANGKALPINANG -Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menginginkan Lembaga Wakaf Produktif berdiri di setiap desa di daerah itu. Dengan demikian, lembaga tersebut dapat mengelola sumbangan wakaf dari warga yang akan digunakan untuk membantu masyarakat.

Lembaga ini, ditegaskan Erzaldi, berbeda dengan BAZNAS atau lembaga lainnya, tetapi akan mengelola wakaf dari masyarakat mampu yang selama ini dikenal orang wakaf hanya dalam bentuk tanah atau barang.

“Nanti di semua desa harus ada, ini perkuat sesama umat, dibuat hampir mirip sebagai bank, tapi diperuntukkan untuk umat. Inilah yang akan banyak membantu UMKM kita terutama masyarakat kurang mampu, kita sinkronisasi saja, apapun sifatnya yang halal,” ungkap Erzaldi kepada wartawan, Senin (15/4/2019).

“Kalau selama ini orang berpikir wakaf itu berupa tanah, ini enggak, misalnya seribu satu orang, ini akan kita kembangkan dan fatwanya sudah ada dan makanya saya berani dan ini akan memberikan manfaat bagi umat,” tambahnya.

Dia menginginkan, Babel menjadi provinsi pertama yang mempunyai lembaga tersebut  dan meminta MUI untuk memfasilitasi hal tersebut.

“Dana wakaf dari warga nanti bisa disumbangkan melalui rekening sahabat wakaf, nanti untuk kelola dana wakaf ini ada lembaga di bawah MUI, mudah-mudahan memperbanyak amal ibadah kita,” harapnya.

Erzaldi meyakini, dengan adanya lembaga wakaf produktif ini, ekonomi syariah di Babel berkembang jauh lebih baik, dan sangat potensial digarap.

“Kita ingin mengedepankan wakaf produktif, membentuk lembaga semata berkeinginan agar lembaga ini dapat betul-betul memberikan manfaat secara luas kurang mampu,” imbuhnya.

Ia mencontohkan, ada pelaku usaha, yang tidak punya jaminan, namun ingin usahanya maju, serta terkenda ekonomi, maka pelaku usaha ini bisa mendapatkan pinjaman melalui lembaga wakaf produktif tersebut.

Mantan Bupati Bangka Tengah ini berharap, sebelum Agustus, lembaga wakaf produktif ini sudah terbentuk.

“Harapan kita keberpihakan masyarakat ke sektor syariah dari 3,7 persen, pada 2020 kita target diatas nasional 5,7 persen, kalau lembaga wakaf ini berjalan dengan konsep pangan halal akan lebih dahsyat,” demikian Erzaldi.(nov/10)

Comment

BERITA TERBARU