Gubernur Erzaldi Pastikan Rangkul Bupati dan Walikota

  • Whatsapp

Gubernur Erzaldi juga memastikan akan merangkul walikota Pangkalpinang dan enam bupati se-Babel. Sinergitas antara provinsi dengan kabupaten/kota tentunya sangat penting bagi kemajuan seluruh wilayah yang adai Babel. Hal itu ia tegaskan kepada Rakyat Pos, di ruang VVIP bandara Depati Amir Pangkalpinang, Senin (15/5/2017).
“Saya sudah menyampaikan kepada beberapa bupati dan walikota, namun tidak semuanya karena keterbatasan waktu.
Kita tidak mengedepankan persaingan tapi mengedepankan kerjasama untuk saling bersinergi dan bukan bersaing untuk menjatuhkan,” tegasnya.
Bekas Bupati Bangka Tengah itu melanjutkan, dukungan AntarDaerah yang diwacanakan Erzaldi-Fatah itu berupa menyiapkan keunggulan masing-masing daerah. Misalnya, jika kabupaten Bangka Selatan kaya dan potensial dalam sektor kelautan, daerah lainnya dapat saja mengusung program tersebut namun tidak sepenuhnya. Namun, diluar daerah tersebut, mengedepankan program-progam unggulan lainnya. “Misal, ada daerah yang mempunyai keunggulan-keunggulan khusus harus fokus. Dan agar perencanaan yang matang dan implementasinya pun bagus. Jangan saling bersaing. Berkompetisi boleh dan saling mendukung,” imbuhnya.
Sinergitas antara provinsi, kabupaten/kota serta legislatif juga sebelumnya diutarakan Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya. Didit mengatakan, untuk membangun Provinsi Babel dibutuhkan sinergitas. Dukungan tersebut, selagi kebijakan Gubernur Babel dengan visi misinya pro kepada rakyat. “Di DPRD, kita butuh sinergi dalam membangun Bangka Belitung. Visi dan misi gubernur Babel harus kita dukung, jika berpihak kepada masyarakat. Tidak ada alasan bagi DPRD tidak mendukung kebijakan-kebijakan untuk kepentingan masyarakat. Sinergitas eksekutif dan legislatif harus ditingkatkan dan tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Terlebih lagi, perlu sinergitas antara provinsi dan kabupaten/kota. Kebersamaan dan harmonisasi perlu ditingkatkan,” kata Didit.
Wakil Ketua DPRD Babel Amri Cahyadi menambahkan, ada tiga poin yang harus diprioritaskan di era kepemimpinan Erzaldi-Fatah. Yakni, penanganan banjir, sektor perekonomian khususnya komoditi karet hingga reformasi birokrasi. Dalam hal birokrasi ini, gubernur harus mempunyai komitmen. Yaitu, menghindari pungli administrasi, pengajuan anggaran yang transparans, pelayanan birokrasi kepada masyarakat agar tidak setengah hati serta koordinasi eksekutif dan legislatif. “Saya yakin beliau mampu berkoordinasi baik dengan DPRD. Beliau punya pengalaman di Bangka Tengah. Kemajuan Bangka Tengah, tentunya dibutuhkan sinergi. Saya yakin beliau bisa melakukan itu. Majunya Bangka Belitung, tidak hanya dapat dilakukan oleh gubernur saja namun DPRD sebagai lembaga pemerintah daerah ikut memberikan sumbangsih yang besar untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Bangka Belitung,” tukas Amri. (ron/6)

Related posts