Gubernur Bersama Forkopimda Babel Sapa Masyarakat Melalui RRI Babel

  • Whatsapp
Gubernur saat dialog interkatif melalui RRI.(foto: umar).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bersama Pejabat dari unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Babel menyapa masyarakat Babel melalui Dialog Interaktif Babel Menyapa di studio mini RRI Babel di lantai empat Kantor Gubernur Babel.

Topik dialog di Kamis (21/5/2020) tesebut adalah Protokol Covid -19 dan Regulasi Penanganan di Babel.

Gubernur Erzaldi dalam dialog mengatakan, ada dua hal yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel dalam penanganan Covid -19. Pertama, bencana wabah ini harus ditangani bersama -sama, dan Kedua, semua lapisan masyarakat harus disiplin menjalankan aturan protokol Covid-19.

Kalau dua hal tersebut tidak dilaksanakan dengan baik, Gubernur Erzaldi yakin penanganan perang melawan virus ini akan terus berlanjut, dan dampaknya akan lebih buruk lagi.

Baca Lainnya

“Alhamdulillah kami bersama Kapolda, Danrem, Danlanal, sudah melakukan roadshow ke pelosok-pelosok di setiap kabupaten yang ada untuk mensosialisasikan sejauh mana informasi Covid-19 ini dipahami masyarakat, sehingga upaya pemerintah untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus ini dapat terwujud. Namun saya sangat menyayangkan, tidak semua masyarakat dapat mengikuti anjuran pemerintah, sehingga wabah ini sulit diatasi,” ungkapnya.

Untuk penanganan Covid-19 ini, Pemprov Babel sudah banyak berbuat, kata Gubernur, salah satunya sudah menyiapkan ruang khusus di RSUD provinsi bagi pasien yang terjangkit.

Selain itu, Pemprov Babel, lanjut Gubernur, telah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung kesehatan terutama yang berkaitan dengan penanganan Covid-19.

Sedangkan Kapolda Babel Irjend Pol Anang Syarif Hidayat mengatakan, sikap Polri tentunya mendukung kebijakan pemerintah, di dalam memerangi virus Corona.

Menurutnya, pihak kepolisian telah melakukan pembersihan-pembersihan, penyemprotan, dan melakukan kampanye Covid -19, serta melakukan pembubaran massa supaya menghindari kerumunan sesuai anjuran protokol Covid-19.

Hal senada dikatakan Danrem 045/Gaya Kolonel Czi Mateus Jangkung. Menurutnya, fungsi TNI, selain berperang, juga membantu permasalahan seperti ini, yaitu membantu pemerintah terutama dalam masalah seperti ini yaitu memerangi virus.

“Sepertinya apa yang dilakukan oleh Polri, hampir sama dengan yang dilakukan oleh TNI. Mengajak warga untuk bersama memerangi virus, dengan cara memakai masker, jaga jarak, cuci tangan. Apa yang dilaksanakan oleh Pemprov Babel kami selalu ikut. Namun apa yang kita anjurkan itu belum sepenuhnya diikuti oleh seluruh masyarakat, sehingga Covid-19 ini belum berakhir,” katanya.

Kajati Babel, Ranu Miharja menjelaskan, tugas kejaksaan di dalam penanganan Covid -19 ini melakukan pendamping pengawalan terhadap kegiatan-kegiatan pengadaan barang dan jasa, terutama terkait pengadaan alat kesehatan.

Seperti beberapa waktu yang lalu, pemerintah melakukan refocusing dana dan realokasi yang dilakukan oleh Pemprov Babel untuk mengalokasikan dana terkait pencegahan penyebaran virus. “Tujuan kami mendampingi ini supaya ke depan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” sebut Kajati.

Di akhir dialog, Gubernur Erzaldi mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama memerangi virus Corona, untuk melindungi diri kita sendiri, juga orang lain.

“Anda sehat, saya pun sehat. Caranya disiplin mengikuti anjuran protokol Covid-19,” ujarnya

Hal yang sama diikuti unusr Forkopimda Babel, dengan mengajak masyarakat menjadi garda terdepan dalam memerangi Covid-19.(Hasan/Adv/3).

Related posts