Gubernur Bersama Forkopimda Babel “Gowes Geopark Trip” di Bangka Barat

  • Whatsapp
Gowes bersama.(foto: saktio)

RAKYATPOS.COM, JEBUS – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Babel bersepeda bersama dalam tajuk “Gowes Geopark Trip” di Kabupaten Bangka Barat, Babel, Sabtu (27/6/2020) pagi.

Kegiatan bersepeda bersama menempuh jarak 26 km itu, dimulai dari Kantor Polsek Jebus, Kabupaten Bangka Barat menuju Pantai Desa Bakit.

Diawali dengan peninjauan situs Geopark Pantai Bembang, Jebus melalui Bukit Telaga Tuju. Di tempat itu, Gubernur Erzaldi dan rombongan melihat hamparan bebatuan yang menjadi potensi pembangunan strategis daerah yang akan diajukan menjadi Geopark Nasional Pulau Bangka, bersama beberapa titik lainnya, melengkapi Geopark Belitung yang telah didapat pada tahun 2019 lalu.

Di Polsek Jebus, Gubernur Erzaldi dan rombongan juga berkesempatan meninjau taman edukasi yang merupakan program inovasi dalam rangka menjaga ketahanan pangan. Dua setengah hektar lahan digunakan untuk pengelolaan kolam ikan, peternakan bebek, peternakan sapi, peternakan madu kelulut, dan lahan pertanian. Di tempat tersebut, Gubernur Erzaldi dan Forkopimda berkesempatan menanam bibit buah durian.

Baca Lainnya

Dalam keterangannya, Gubernur Erzaldi mengatakan, kehadirannya bersama Forkopimda di Bangka Barat, selain untuk menambah dan menjaga imunitas tubuh melalui bersepeda untuk mengantisipasi pandemi Covid-19, juga sebagai kunjungan kerja, melihat secara langsung situs geopark yang ada di Kabupaten Bangka Barat.

Setelah melihat secara langsung situs Geopark Pantai Desa Bembang, melalui pos pandang di Bukit Tuju, Gubernur Erzaldi mengaku tempat ini, memang layak untuk dijadikan taman nasional.

Gubernur berharap, nantinya tempat ini akan menjadi potensi wisata alam dan pendidikan sehingga para wisatawan yang berkunjung, akan lebih betah dan lebih lama di Bangka Belitung.

Potensi geopark diyakini akan menjadi keunggulan baru di Bangka Babel untuk mendongkrak pembangunan masyarakat yang berkelanjutan pada peningkatan ekonomi masyarakat di sektor wisata, konservasi, edukasi, melalui potensi keragaman flora dan fauna, serta keragaman budaya dan sejarah.

Pihaknya menargetkan, Geopark Bangka Barat dapat masuk ke geopark nasional tahun ini, dan bertahap ke tingkat international.

Terkait taman edukasi milik Polsek Jebus, Gubernur Erzaldi memberikan apresiasinya. Menurutnya, ini merupakan Inovasi luar biasa yang dilakukan oleh Polsek Jebus, yang dapat dijadikan sebagai “One Stop Nature Education” untuk kepentingan pendidikan, khususnya anak-anak sekolah.

Sementara itu, Ketua TP PKK Babel, Melati Erzaldi beserta istri Kapolda, istri Danrem, istri Danlanal, dan istri Kajati Babel menunggu kedatangan Gubernur Erzaldi dan rombongan di Desa Bakit.

Mengakhiri kegiatan di Bangka Barat, Gubernur memimpin rapat tim persiapan Geopark Bangka sebelum melanjutkan perjalanan menuju Belinyu, Kabupaten Bangka dengan menggunakan jetski.(Lulus/Adv/3).

Related posts