Gubernur Babel-Sumsel Matangkan Pembangunan Jembatan Selat Bangka

  • Whatsapp

BENGKULU – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman dan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru sepakat untuk mematangkan usulan pembangunan Jembatan Selat Bangka yang akan menghubungkan dua daerah itu.

Hal itu disampaikan Erzaldi usai melakukan pertemuan dengan Herman Deru di sela-sela Rapat Koordinasi Gubernur (Rakorgub) se-Sumatera di Provinsi Bengkulu, Selasa (8/7/2019).

Menurut dia, pertemuan singkatnya dengan Herman Deru membahas rencana usulan pembangunan jembatan sepanjang 13,5 kilometer itu. Dengan adanya kesepakatan dua daerah, maka rencana pembangunan akan segera diusulkan ke pemerintah pusat.

“Adanya jembatan itu akan memudahkan akses transportasi antar-provinsi dan makin mempermudah pengiriman barang. Karena selama ini pengiriman barang ke Babel harus transit. Hal ini mengakibatkan proses pengiriman menjadi lama dan berimbas pada biaya,” kata Erzaldi.

Dengan adanya konektivitas tersebut, lanjut orang nomor satu di Provinsi Babel ini akan menciptakan kekuatan ekonomi baru bagi kedua provinsi terutama di sektor pertanian atau perkebunan serta perikanan dan termasuk sektor pariwisata.

Sementara itu, dalam Rakorgub yang digelar 8-10 Juli 2019 ini dihadiri enam gubernur dan satu wakil gubernur di wilayah Sumatera. Adapun yang dibahas dalam Rakorgub diantaranya pembangunan jalan tol dan kereta api trans Sumatera, konektivitas pulau, peningkatan jalur pelayaran, hilirisasi produk dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).(*/10)

Related posts