Gubernur Apresiasi Bujang Squad Lindungi Hutan Mangkol

  • Whatsapp
Gubernur menghadiri penanaman pohon di bukit mangkol.(foto: umar).

RAKYATPOS.COM, PANGKALAN BARU – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menghadiri kegiatan penanaman pohon di Bukit Mangkol, Desa Terak, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Sabtu (25/7/2020).

Gubernur pada kesempatan itu, mengucapkan terima kasih kepada Komunitas Pecinta Lingkungan Bujang Squad, karena selama tiga tahun terakhir sudah melakukan sesuatu yang sangat positif, yaitu menanam pohon di kawasan Tanaman Hutan Rakyat (Tahura) di kawasan Bukit Mangkol, sehingga kawasan yang selama ini rusak akibat penambangan timah, serta penebangan hutan liar yang tak terkendali ini menjadi hijau kembali.

Read More

“Alhamdulillah, Mangkol ini sudah menjadi perhatian kita bersama. Saya sepakat dengan Pak Kades bahwa Mangkol ini, harus kita jaga. Empat tahun yang lalu, sulitnya kita menjaga hutan konservasi ini,” ungkapnya.

“Setiap hari kita berhadapan dengan penambang, penebang pohon. Tetapi, sejak empat tahun yang lalu, beberapa komunitas masyarakat pecinta lingkungan, yang saat ini dimotori oleh Komunitas Bujang Squad membantu kawasan ini kembali membaik,” ujarnya.

Menurut Gubernur, Bukit Mangkol sejak dari zaman Belanda sudah menjadi sumber bahan baku air bersih. Saat ini, dengan komando Bujang Squad dibantu oleh masyarakat, Gubernur Erzaldi yakin kawasan tahura Bukit Mangkol ke depan lebih baik.

“Saya apresiasi kepada Bujang Squad atas usahanya melindungi hutan. Untuk itu, saya berikan bonus berupa bibit jambu mete dan bibit durian. Sehingga, di masa yang akan datang tempat ini dapat menjadi wisata buah durian,” katanya.

Gubernur Erzaldi berpesan kepada masyarakat agar kawasan tahura ini dijaga dengan baik. Menurutnya, orang yang menjaga keseimbangan lingkungan termasuk orang dengan tingkat keimanan cukup tinggi.

“Semoga ke depan dengan hijaunya Bukit Mangkol, Pangkalpinang tidak bajir lagi, karena selama ini hutan mangkol yang gundul merupakan salah satu penyebab banjir,” harapnya.

Sementara Dirjen Perhutanan Sosial Kemitraan Lingkungan (PSKL), Bambang Suprianto dalam arahannya mengatakan, kegiatan ini sangat saya dukung penuh, karena merupakan kegiatan yang positif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Related posts