Gubernur Akan Surati OPD, Percepat Pembangunan di Babel

  • Whatsapp

Pangkalpinang – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, akan menyurati kepala OPD, dalam rangka percepatan pembangunan di provinsi Babel.

Percepatan pembangunan ini, diantaranya adalah rancangan dan usulan OPD untuk pembangunan di provinsi Babel.

Wagub Babel, Abdul Fatah menyebutkan, dalam percepatan pembangunan ini ada instrumen yang harus dijalankan dan disesuaikan dengan visi misi kepala daerah serta RPJMN.

“Instrumen dalam percepatan pembangunan di Babel melalui tahapan yang sudah kita ikuti bersama, nanti kamj akan kirim surat Gubernur mengenai pengunaan instrumen pembangunan percepatan Babel,” kata Wagub, dalam rapat pimpinan percepatan pembangunan, di ruang Tanjung Pendam, kantor gubernur, Selasa (19/3/2019).

Dengan adanya instrumen ini, tegas Wagub, akan terlihat OPD mana saja yang berjalan dan mana yang tidak berdampak, dan akan dilakukan evaluasi berkala.

“Di dalam surat Gubernur nantinya, meminta OPD menunjuk staf eselon III untuk menghandle instrumen dan menjadi conter part ke staf ahli, dan tanggungjawab bahwa dalam terapkan ini kita tidak main-main,” tegas Fatah.

Ketua tim ahli atau tim advisory gubernur, Rhino menyebutkan, dalam percepatan pembangunan ini, provinsi Babel harus dirancang dan diarahkan untuk betul-betul menjadi provinsi yang mantap, baik dari sisi infrastruktur maupun lainnya.

Oleh karenanya, ia meminta masing-masing OPD menyusun rencana pembangunan dan kerja kedepan, agar nanti bisa diselaraskan dengan program pusat dan lainnya, secara terpadu.

Dalam pembangunan ini, lanjutnya, tidak melulu harus menggunakan dana APBN dan APBD, tetapi bisa memanfaatkan dana pihak ketiga dengan perjanjian atau kesepakatan bersama.

“Kami butuh format sederhana, untuk melihat program 2019 hingga 2027, setelah 2027 kita menjadi akan menjadi provinsi mapan, kebutuhan infrastruktur dasarnya sudah selesai dan tinggal menindaklanjuti, itu harapan kita,” tandasnya.

Dak rapat ini, dihadiri hampir seluruh kepala OPD di lingkungan Pemprov Babel, dan pejabat eselon lainnya. (nov/6)

Related posts