by

Gubernur Ajak Masyarakat Babel Jadikan Depati Amir Motivasi Perjuangan

Depati Amir Resmi Jadi Pahlawan Nasional

Erzaldi Rosman

JAKARTA – Perjuangan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama seluruh unsur yang ada untuk menjadikan Depati Amir sebagai Pahlawan Nasional, akhirnya membuahkan hasil positif.

Presiden RI Joko Widodo, Kamis (8/11/2018) siang di Istana Negara, Jakarta, secara resmi memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada 6 tokoh Indonesia, satu diantaranya adalah Depati Amir.

Pemberian gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo, yang turut disaksikan Gubernur Babel Erzaldi Rosman, Wakil Ketua DPRD Babel Toni Purnama itu, diterima langsung ahli Waris Depati Amir.

Pemberian gelar tersebut berdasarkan Keppres Nomor 123/TK/Tahun 2018 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

Selain Depati Amir, lima nama lainnya yang resmi menjadi Pahlawan Nasional dan diberikan dalam waktu bersamaan, adalah Abdurrahman Baswedan tokoh dari Provinsi DI Yogyakarta, IR H Pangeran Mohammad Noor tokoh dari Kalimantan Selatan, Agung Hajjah Andi Depu tokoh dari Sulawesi Barat, Kasman Singodimedjo tokoh dari Jawa Tengah, dan Brigjen KH Syam’un tokoh dari Banten.

Atas pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada Depati Amir itu, Gubernur Babel Erzaldi Rosman menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat Babel dan Pemerintah RI. “Saya bangga terhadap sosok Depati Amir, terima kasih kepada Pemerintah RI, atas ditetapkan Depati Amir sebagai salah satu Pahlawan Nasional bangsa kita,” kata Gubernur.

Gubernur mengajak masyarakat Babel dapat menjadikan sosok Depati Amir menjadi panutan dan motivasi untuk terus melanjutkan perjuangan.

“Kepada masyarakat Babel, tentunya ini dapat menjadi motivasi bagi kita. Semakin jelas bahwa Babel bagian dari perjuangan dalam rangka merebut kemerdekaan RI,” lanjut Gubernur.

Dengan ditetapkannya Depati Amir menjadi Pahlawan Nasional, semakin menguatkan legitimasi Babel sebagai Provinsi yang memiliki peran dalam mencapai kemerdekaan RI.

Untuk itu, Gubernur mengajak masyarakat mengisi perjuangan ini dengan hal-hal yang bermanfaat. “Kita tentu sebagai masyarakat Babel bangga dan termotivasi untuk mengisi kemerdekaan dengan memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara,” pungkasnya.(humasprov/advertorial).

Comment

BERITA TERBARU