Giliran 702 KK se-Kecamatan Pulau Besar Terima BLT Dana Desa Rp 600 Ribu

  • Whatsapp
Penyerahan secara simbolis BLT Dana Desa kepada warga desa Kecamatan Pulau Besar. (ist)

 

*BLT Dana Desa Tahap 1

PULAU BESAR – Sebanyak 5 desa se-Kecamatan Pulau Besar telah menyalurkan BLT Dana Desa tahap 1 mulai Jumat (8/5/2020) bagi warga miskin yang terdampak Covid-19. Penyaluran ini dilakukan simbolis oleh Camat Pulau Besar Drs, Sapri, Kades Panca Tunggal, Maman, didampingi oleh Babinkhatimas, Babinsa dan Pendamping Desa  di Aula Desa Panca Tunggal.

 

Baca Lainnya

Camat Pulau Besar, Drs, Sapri, menyebutkan pada Rabu lalu Desa Batu Betumpang sudah menyalurkan BLT DD tahap 1, lalu dilanjutkan hari ini, desa Suka Jaya, Sumberjaya Permai, Fajar Indah dan Desa Panca Tunggal. Total jumlah penerima BLT Dana Desa ini sebanyak 702 KK dengan rincian Desa Batu Betumpang 145 KK, Suka Jaya 151 KK, Panca Tunggal 199 KK, Sumberjaya Permai 147 kk dan Desa Fajar Indah 60 KK.

 

Masyarakat menerima uang tunai Rp.600.000 per bulan selama 3 bulan, mulai  April, Mei dan Juni 2020. “Semoga uang ini bisa bermanfaat bagi warga untuk membeli keperluan yang mendesak, beli lah beras dan kebutuhan pokok yang lain, jangan dimanfaatkan untuk keperluan yang tidak penting,” ujar Sapri dalam sambutannya.

Kades Panca Tunggal Maman, menyampaikan bahwa BLT DD ini bersumber dari Dana Desa. Menurutnya, Pemdes sudah melakukan Apbdes perubahan 2020 untuk mengalokasikan pencegahan dan penanganan Covid-19 dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD.

 

“Kami menganggarkan maksimal 30% dari Dana Desa yang kami terima untuk BLT. Terima kasih pada pemerintah pusat, Pemda dan pihak lainya yang telah memberikan kebijakan pengguna dana desa untuk pencegahan Covid-19 dan BLT, ucapan yang sama juga diberikan kepada pendamping desa di semua jenjang atas fasilitasinya dan pendampingan selama ini, khusunya BLT DD ini,” kata Maman.

 

Di tempat yang sama ,Ferry selaku pendamping desa mengatakan, penyaluran BLT DD sesuai dengan Permendesa No.6 Tahun 2020 tentang Perubahan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020, kemudian di pertegas lagi dengan SE Mendes PDTT No.1261 dan SE. Bupati Basel No.140, lalu surat dari Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa No.10/10/PRI.00/IV/2020.

 

“Sasaran penerima BLT adalah keluarga miskin Non PKH atau BPNT yang kehilangan mata pencaharian, belum terdata, dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis, pendataan dilakukan oleh relawan desa yang sudah dibentuk dan sudah di SK kan, kemudian pendataan calon penerima BLT dilakukan mulai dari RT/RW lalu di bawa ke musyawarah khusus untuk di validasi, finalisasi dan penetapan data KK calon penerima BLT-DD, selanjutnya akan dilaporkan ke bupati/walikota atau dapat diwakilkan ke camat untuk pengesahan setelah berkoordinasi dengan kabupaten,” jelasnya.

 

Fery menambahkan besarannya BLT Rp. 600.000 per KK selama 3 bulan terhitung April 2020. “Metode penyalurannya dapat dilakukan secara tunai dan non tunai dengan memperhatikan prinsip transparansi, akuntabilitas dan efektifitas, serta mengikuti protokol kesehatan pencegahan dan penanganan Covid-19, semoga virus ini segera berakhir dan warga bisa beraktifitas seperti biasanya,” pungkas Ferry. (rls/raw)

 

Related posts