Gelar Apel Pasukan, Aparat di Bangka Siap Amankan Pemilu 2019

  • Whatsapp

680 Personil Gabungan Diterjunkan

SUNGAILIAT – Kapolres Bangka AKBP M Budi Ariyanto mengatakan aparat gabungan di Kabupaten Bangka siap mengamankan jalannya Pemilu 2019 pada 27 April mendatang. Kesiapan itu ditandai dengan digelarnya apel pasukan di Mapolres Bangka, Jum’at pagi (22/3/2019).
“Apel gelar pasukan ini tujuannya bahwa kita itu siap, TNI, Polri, Pemkab, KPU, Bawaslu, semua penyelenggara semua siap mengamankan jalannya pemilu serentak 2019,” ujarnya.
Menurut Kapolres, untuk pasukan pengamanan dari Polres Bangka sudah siap dengan menurunkan ratusan personil, begitu juga BKO dari Polda Babel.
“Total keseluruhan pasukan pengamanan sebanyak 680 personil. Terdiri dari 384 personil Polres, 180 BKO Polda dan TNI sebanyak 150. Kesemua pasukan ini siap mengamankan pemilu,” jelasnya.
Ia menghimbau dan meminta kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Bangka, untuk menyikapi secara dewasa apabila ada kabar-kabar yang mencemarkan nama baik seseorang dan bersikap dewasa dengan tidak menyebarkan hoaks.
Sementara itu, Bupati Bangka, Mulkan yang menghadiri gelar pasukan itu mengatakan, untuk menjaga agar Pemilu 2019 berlangsung demokratis, aman, lancar, merupakan tugas seluruh masyarakat di Kabupaten Bangka, bukan hanya TNI, Polri, KPU serta Bawaslu.
“Pemilu, pesta demokrasi milik kita bersama, sudah seharusnya kita semua berperan aktif, menjaga bersama agar berjalan secara demokrasi. Seluruh elemen masyarakat juga harus ikut menjaga ketertiban, situasi daerah ini kondusif. Bahkan sampai ke tingkat kejujuran sehingga pemilu serentak di daerah ini berjalan lancar, demokrasi,” kata Mulkan. Bupati mempersilakan masyarakat datang ke TPS, dan pilihlah pemimpin sesuai dengan hati nurani. Ia menegaskan siapapun terpilih nantinya merupakan pemimpin terbaik bagi kemajuan Kabupaten Bangka ke depan untuk menjadi lebih baik lagi.
“Demi menyukseskan pemilu serentak 2019 di daerah ini, kita juga melakukan sosialisasi baik itu mengunakan spanduk, serta himbauan melalui media cetak dan elektronik, yang isinya berupa himbauan menciptakan dan menjaga pemilu serentak 2019 ini sukses, berjalan lancar, aman dan demokrasi,” jelasnya.
Dalam gelar pasukan kemarin, bertindak selaku inspektur upacara yakni Kapolres Bangka, dengan dihadiri pula Ketua DPRD Bangka Parulian, Wakapolres Bangka, Kompol Jimmi, para ketua partai politik di Kabupaten Bangka, unsure TNI, Sat Pol PP dan pihak lainnya.
Sebelum apel, kapolres bersama unsur Forkominda Kabupaten Bangka melakukan pemeriksaan pasukan serta kendaraan dan perlengkapan dalam rangka pengamanan pemilu.
Saat membacakan sambutan Menkopolkam RI Wiranto, Kapolres Bangka menjelaskan TNI-Polri selaku institusi yang bertanggungjawab langsung terhadap pengamanan jalannya Pemilu Serentak tahun 2019.
“Apabila menemukan adanya kerawanan dan hambatan tersebut harus dapat mengambil suatu tindakan tegas sesuai dengan prosedur tetap dan aturan hukum yang berlaku, sehingga tidak ada toleransi sekecil apapun bagi pihak-pihak yang akan mengganggu jalannya pemilu serentak tahun 2019,” katanya.
Usai apel pasukan, Forkominda Bangka dan seluruh peserta upacara mengelar pembacaan Deklarasi Pemilu Damai. (2nd/1)

Related posts