Gedung Juang Bakal Diubah Jadi Museum

  • Whatsapp
Sejumlah anak-anak sedang belajar menari di Gedung Juang Sungailiat, Senin (9/9/2019).(foto: Riski Yuliandri)

Renovasi Dianggarkan Rp300 Juta

SUNGAILIAT- Pemkab Bangka akan segera menjadikan Gedung Juang Sungailiat menjadi Museum Budaya. Bahkan saat ini Pemkab Bangka sudah rutin membersihkan gedung yang berada di pintu masuk Kota Sungailiat tersebut.

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan keberadaan Gedung Juang Sungailiat sejauh ini belum jelas diperuntukkan untuk kegiatan apa, sehingga pihaknya berinisiatif menjadikannya sebagai museum.

“Gedung Juang itu kan gedung sejarah, jadi harus kita manfaatkan, karena sampai hari ini kita tidak tahu difungsikan sebagai apa,” ungkap Mulkan kepada wartawan, Senin (9/9/2019).

Pemkab Bangka, lanjut dia, saat ini masih mengurus izin mendirikan museum tersebut dan menganggarkan sekitar Rp 300 juta untuk merenovasi gedung juang.

“Sekarang masih tahap pembenahan dan tahap merapikan, yang kotor-kotor kan harus kita bersihkan juga. Anggaran museum ini sekitar 300 jutaan, saya rasa cukup hanya untuk merenovasi saja,” tambahnya.

Selain museum, kata Mulkan, di belakang gedung tersebut juga akan dijadikan sebagai tempat wisata kuliner sehingga masyarakat yang datang dapat menikmati makan khas Bangka.

“Jadi bukan cuma museum saja tapi kita juga akan buat wisata kuliner sehingga masyarakat yang datang bisa bersantai di sana. Kita juga akan pasang Wi-Fi gratis,” terangnya.

Untuk peresmian museum budaya tersebut, orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini menargetkan bisa dilakukan di awal tahun 2020.

“Saat inikan kita masih proses, kita tunggu saja mungkin tahun 2020 nanti sudah bisa dinikmati,” ungkap Mulkan.(mla/10)

Related posts