Gaya Sederhana Jokowi dan Iriana

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana dengan pakaian sederhana, sebelum turun dari pesawat Kepresidenan saat tiba di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, kemarin. (Foto: Biro Pers Setneg)

Dialog dengan Penerima PKH
Erzaldi: Terimakasih Pak Presiden

Kesederhanaan Presiden RI, Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana sudah dikenal luas rakyat Indonesia. Saat bertandang ke Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jokowi tampil seadanya mengenakan kemeja putih tangan panjang dengan lengan digulung. Tampak bendera merah putih di saku baju sebelah kiri yang dijepitkan.
Celana yang dikenakan Jokowi berwarna gelap, seperti berbahan semi jins, dipadukan dengan sepatu kets warna hitam dan lis putih di bagian bawah. Ia berjalan santai menuju setiap lokasi yang dihadiri, sambil menyapa masyarakat, menyalami hingga meladeni foto bersama.
Jokowi dibuat terpingkal, ketika menghadiri acara di Graha Sasana Kasih, Aula STMIK Atma Luhur. Ketika ia memanggil tiga ibu-ibu untuk berdiri bersamanya. Salah satu ibu-ibu bahkan menantang Jokowi bahwa ia bersedia berjoged asalkan mendapatkan televisi. Setiap pertanyaan Jokowi, juga dijawab dengan polos oleh ibu-ibu tersebut.
Senada dengan sang pemimpi, istrinya Iriana Jokowi yang selalu mendampingi di setiap kunjungan kerja presiden, juga tampil sederhana. Menyeimbangkan pakaian suaminya, Iriana mengenakan pakaian berwarna putih, kombinasi bagian tangan bertingkat. Di lehernya, terlilit syal berwarna cokelat muda, dan bermotif cual Babel.
Sedangkan bawahannya, kulot berwarna hitam, dengan sepatu selop yang bagian belakangnya terbuka dan dikaitkan dengan tali pada bagian tumit. Tinggi sepatu Ibu Iriana pun standar, tampak sedikit motif berwarna putih di bagian hak sepatu.
Rambutnya, ditata sangat rapi. Terdapat jepitan dibagikan belakang rambut yang diikat. Di daun telinganya, terlihat anting jenis kerabu berwarna perak. Penampilan yang casual namun tetap elegan dengan balutan make-up sederhana.
Sesekali Iriana, juga berbincang dengan istri Gubernur Babel, Melati Erzaldi Rosman dan Walikota Pangkalpinang. Dia juga tersenyum dan melayani warga yang berpapasan serta ingin bersalaman dengannya.

Dialog Santai
Sementara itu, Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Sossial (Mensos) Agus Gumiwang Karasasmita bertemu dan berdialog santai dengan 1.200 Penerima Program PKH dan Program BPNT. Penerima program ini meliputi 928 KPM PKH dari 7 Kecamatan, 72 Ketua Kelompok PKH dan 200 SDM Pendamping.
Kehadiran Presiden Joko Widodo yang selama ini begitu besar perhatiannya terhadap masyarakat Bangka Belitung, khususnya kebijakan-kebijakan yang di keluarkan dalam upaya penurunan angka kemiskinan, ternyata sangat dinantikan para penerima bantuan.
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, bantuan sosial Tahap I melalui PKH dan BPNT di Provinsi Bangka Belitung Tahun 2019 sebesar Rp33.934.130.000, yang diperuntukan bagi 22.221 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dan Bantuan BPNT sebesr Rp4.780.380.000.
Agus Gumiwang menjelaskan Bansos Tahap I sebesar Rp4.493.325.000 diperuntukkan bagi 3.475 KPM, sedangkan Bansos BPNT sebesar Rp624.690.000.
Di Provinsi Bangka Belitung telah diangkat sebanyak 147 SDM Pendamping PKH, yang tugasnya melakukan pendampingan kepada seluruh KPM baik dalam proses awal penyaluran bantuan hingga pendampingan dalam.
“Pemanfaatan bantuan yang diterima sehingga pemanfaatannya sesuai dengan yang diharapkan pemerintah, demi kesejahteraan KPM sehingga pada saatnya mereka tergraduasi,” tukasnya.
Gubernur Babel Erzaldi Rosman menambahkan, sangat bersyukur atas apa yang dibantu oleh Presiden melalui Program PKH dan BPNT. Ia menyebutkan, merupakan suatu kebanggan bagi masyarakat Babel bisa bertemu dan bertatap muka langsung dengan kepala negara.
“Saya atas nama provinsi mengucapkan selamat datang, jangan bosan untuk berkunjung. Terimakasih atas bantuan dan harapan sangat besar bagi masyarakat kami. Kami hanya berdoa apa yang telah disampaikan memberikan manfaat dan diberikan kesehatan bagi Bapak,” ucap Erzaldi.
Atas nama Pemprov Babel, lanjutnya, gubernur menyampaikan mudah-mudahan presiden dapat memberikan yang lebih banyak lagi ke Babel.
“Karena terus terang ada iri hati, melihat daerah lain dikunjungi kami enggak. Tetapi hari ini obat yang luar biasa, Bapak datang disela kesibukan luar biasa, terimakasih Pak Presiden,” tandasnya. (nov/6)

Related posts