Gakkumdu Babel Panggil Pemilik Travel Umroh

  • Whatsapp

Kasus Umroh Gratis Caleg Demokrat

PANGKALPINANG – Dugaan pelanggaran pidana pemilu yang dilakukan Caleg DPR RI Dapil Bangka Belitung dari Partai Demokrat, Endang Kusumawaty mengumrohkan 17 warga Bangka, terus diproses oleh Sentra Gakkumdu Provinsi Babel.
Koordinator Sentra Gakkumdu Babel, Jafri kepada wartawan Kamis (14/3/2019) menyampaikan, pihaknya telah mengundang Hendi Kurniah pemilik travel umroh untuk memberikan keterangan kepada Sentra Gakkumdu Babel terkait kasus itu.
“Ya, tadi kita mengundang Hendi Kurniah, selaku pemilik travel (agen perjalanan) umroh. Kita meminta keterangan yang berkaitan keberangkatan umroh itu,” kata Jafri.
Selain itu, Gakkumdu juga menurutnya telah mengantongi sejumlah nama-nama warga yang diberangkatkan oleh Endang yang pernah dikenal dengan slogan “Ibu Kite” saat mencalonkan diri dalam Pilkada Kota Pangkalpinang 2018.
“Sudah ada nama dan alamatnya. Dimungkinkan besok (hari ini-red) atau Selasa (19/3/2019) mendatang kita akan mengundang warga yang diberangkatkan untuk meminta keterangan lainnya,” tukas Japri.
Seperti dilansir sebelumnya, dugaan temuan pelanggaran pidana pemilu salah satu calon legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Endang Kusumawati ini telah memasuki hari kelima. Endang pun telah hadir memenuhi panggilan Sentra Gakkumdu, untuk memberikan klarifikasi pemberangkatan umroh gratis 17 warga di saat musim kampanye itu. Sebelum menjadi temuan Bawaslu, Endang telah tiga kali mangkir saat hendak diminta keterangan.
Endang usai memberikan klarifikasi kepada wartawan, Rabu (13/3/2019) mengatakan, kehadirannya menjelaskan bahwa umroh gratis yang menjadi programnya itu, tidak ada unsur politik. Klarifikasi kepada Sentra Gakkumdu disampaikan apa adanya sesuai yang terjadi.
“Mengenai temuan ini kita hadir memberikan klarifikasi. Menjelaskan apa yang terjadi, positif thinking saja, karena tidak ada muatan politik,” ungkapnya.
Dikatakannya, ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Sentra Gakkumdu saat klarifikasi tersebut. Seperti berapa orang yang diberangkatkan, tanggal dan pelaksanaan umroh gratis. Namun, Endang mengklaim pelaksanaan umroh gratis ini telah lama dilakukannya.
“Tadi ditanyakan berapa orang yang berangkat, tanggalnya dan pelaksananya. Itukan sudah lama kita pelaksanaannya, itu saja,” tukasnya. (ron/1)

Related posts