Gagal Serap Anggaran, Mulkan Siap Nonjobkan Pejabat

  • Whatsapp
Bupati Bangka, Mulkan

SUNGAILIAT– Bupati Bangka, Mulkan meminta kepada seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mampu mempercepatan penyerapan anggaran. Bahkan, dia meminta pada tanggal 24 Juni 2019 sudah ada peningkatan.

Tanggal tersebut merupakan waktu yang disepakati bersama seluruh kepala OPD saat acara coffee morning bersama di ruang OR Kantor Bupati Bangka, Senin (17/6/2019).

Mulkan menegaskan akan memberi sanksi tegas kepada kepala OPD jika tidak mampu melakukan penyerapan anggaran dengan cepat.

“Apa bila ada OPD yang tidak bisa melaksanakan kegiatan yang sesuai floating, otomatis akan menjadi penilaian kami. Sanksi yang akan kami berikan bisa berupa pembebasan jabatan,” ungkapnya.

Untuk itu, dia menghimbau kepada semua kepala OPD agar dapat bergerak cepat sebelum waktu yang disepakati, sehingga Kabupaten Bangka tidak terkena penalti dari pemerintah pusat.

“Saya minta kepala OPD untuk serius dan kerja cepat, jangan sampai kita kena penalti,” tambahnya.

Saat ini, Mulkan menerangkan penyerapan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun 2019 per 14 Juni sudah terealisasi sebesar 41, 45 persen, sementara untuk penyerapan DAK nonfisik tahun 2019 sudah terealisasi 22,18 persen.

“Dana sudah ada dikucurkan oleh pemerintah pusat tapi kita tidak bisa menggunakannya, kan sayang. Makanya saya minta agar para kepala OPD ini serius dan memanfaatkannya dengan baik dan bijak,” ujar Mulkan.(mg419/10)

Related posts