FPTI Gelar Kejuaraan Panjat Tebing Bupati Cup

  • Whatsapp
Foto bersama- Bupati Bangka, Tarmizi Saat berfoto bersama dengan panitia dan undangan pada Panjat Tebing Bupati Cup Tahun 2017, Jum’at-Minggu (14/4/2017) di arena panjat tebing Lapangan Bina Satria.(foto:ist)

Cari Atlet untuk Porprov 2018

SUNGAILIAT – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bangka bekerjasama dengan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bangka menyelenggarakan Panjat Tebing Bupati Cup Tahun 2017, Jum’at-Minggu (14-16/4/2017) di arena panjat tebing Lapangan Bina Satria.

Sekretaris Penyelenggara, Dedi Ansori, mengatakan ada ratusan atlet yang berlaga pada kejuaraan kali ini. Peserta tidak hanya berasal dari Sungailiat namun dari Belitung, Belitung Timur, Bangka Selatan, Bangka Tengah dan Pangkalpinang.

“Ada 18 kelas dipertandingkan yaitu umur SD 8-11 tahun, junior dari 12-16 tahun, junior 18 tahun dan umum bebas dari usia 20 tahun sampai tak terbatas. Kejuaraan ini bertujuan mencari bibit atlet panjat tebing di Babel untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2018,”katanya.

Dedi mengatakan animo masyarakat terhadap olahraga panjat tebing, diakuinya masih kurang karena olahraga panjat tebing di Bangka belum memasyarakat. Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan daerah lain.

“Berbeda dengan di Jawa mereka cukup antusias mengikuti olahraga panjat tebing. Padahal pemerintah sudah memberikan fasilitas olahraga standar nasional dan internasional seperti yang ada di Lapangan Bina Satria,” katanya.

Bupati Bangka dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan lomba panjat tebing dan dirinya pernah mencoba melakukan olahraga panjat tebing sewaktu menjadi kepala dinas kehutanan dan kuncinya adalah kekuatan di bahu.

Mengenai safety atau keamanan juga harus dijaga oleh panitia sehingga tidak ada peserta yang mengalami kecelakaan dan olahraga ini adalah khusus untuk orang yang punya nyali dan keyakinan.

Diharapkan lagi kepada peserta tetap bersemangat dalam olahraga panjat tebing dan untuk pemenang pada kejuaraan ini akan diikutsertakan pada perlombaan panjat tebing di Pangkalpinang agar terus menjaga fisik dan kebugaran.

Beberapa kegiatan perlombaan olahraga juga akan dilaksanakan di Petaling untuk memeriahkan dan menyambut event olahraga Triahtlon 2017 dan juga Pameran Bangka Expo di THR Sungailiat bisa dikunjungi warga untuk melihat potensi Kabupaten Bangka dan puluhan daerah lain se Indonesia yang mengikuti pameran tersebut.

‘’Dalam kejuaraan ini juga bisa melahirkan atlit panjat tebing yang mempunyai mental, fisik yang kuat sehingga bisa mengharumkan nama kabupaten Bangka di dunia olahraga panjat tebing,’’ungkap Bupati Bangka. (snt/edo/humas/10)

Related posts