by

Foto Pohon Pisang Berbuah Ditanam di Jalan, Viral

-Belitong-126 views
Inilah Foto viral di media sosial pohon pisang berbiah di tanam di tengah Jalan beraspal yang kondisi jalannya rusak di Desa Lintang Kecamatan Simpang Renggiang, Belitung Timur. INSERT: Petugas dari Dinas PU di Desa Lintang Kecamatan Simpang Renggiang. (foto: ist)

Diambil dari Kondisi Jalan yang Rusak
Minta Masyarakat Bantu Jaga Usia Jalan

MANGGAR – Sebuah foto pohon pisang yang berbuah ditanam warga di tengah-tengah jalan raya viral di media sosial. Foto yang pertama kali diposkan oleh akun facebook Adistya Keke, Selasa (19/2/19) itu ditanggapi ratusan pengguna dan anggota grup Forum Komunikasi Masyarakat Belitong.

Foto tersebut diambil dari kondisi jalan yang rusak di Desa Lintang Kecamatan Simpang Renggiang. Tidak jelas siapa yang menanam pohon pisang tersebut, namun yang menarik dari foto itu seolah-olah pohon pisang yang berbuah itu sudah lama tumbuh di tengah jalan.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Beltim, Idwan Fikri menyatakan, foto itu benar adanya dan bukan rekayasa.

Diungkapkannya, Dinas PUPR Kabupaten Beltim dan Dinas PU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah langsung turun ke lapangan untuk memperbaiki kondisi jalan yang rusak.

“Benar foto itu memang diambil dari Dusun Langkang Desa Lintang. Pas kita turun langsung, sekaligus diperbaiki oleh Dinas PU Provinsi,” ungkap Ikhwan saat dikonfirmasi oleh Diskominfo Beltim, Rabu (20/2/19).

Ikhwan menjelaskan, kondisi jalan yang rusak merupakan jalan milik Pemprov Babel. Meski letaknya berada di Kecamatan Simpang Renggiang, namun kewenangan berada di PU Provinsi.

“Itu jalan Provinsi, tapi tetap kita koordinasi terus dengan PU Provinsi. Begitu juga kalau ada kerusakan dengan jalan Negara atau asset yang bukan milik kita, kita laporkan,” kata Idwan.

Idwan pun meminta agar masyarakat dapat membantu menjaga usia jalan dengan selalu membersihkan saluran drainase. Mengingat mayoritas penyebab jalan rusak akibat adanya genangan air.

“Jalan itu rusak karena drainasenya tersumbat. Kita mohonlah kepada masyarakat bantu kita jaga agar saluran drainasenya tidak tersumbat. Kalau sudah digenangi air maka jalan akan mudah rusak,” pinta Idwan.

Jalan Langsung Diperbaiki

Dihubungi terpisah, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas PU Provinsi Kepulauan Babel, Virgo Robby menyatakan, jalan berlobang yang ditanami pohon pisang telah selesai diperbaiki. Kondisinya saat ini sudah bisa dilalui, namun hanya perbaikan sementara.

“Sudah kita bereskan, kemarin. Begitu dapat laporan langsung kita kerjakan. Kondisinya rusak ringan, dapat langsung kita tambal,” ujar Virgo melalui sambungan telepon.

Virgo mengemukakan jika kondisi jalan sudah cukup lama rusak. Rencananya, Dinas PU Provinsi memang akan memperbaiki di tahun anggaran 2019 ini. Namun dikarenakan masih di awal tahun, maka perbaikan urung dilaksanakan.

“Ruas Jalan Simpang Renggiang-Gantung itu memang jadi kegiatan kita, tahun ini. Memang sekarang belum kita kerjakan, kan masih awal tahun. Kita baru mau bikin SK-nya,” beber Virgo.

Ia pun berterima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan laporan terkait adanya kerusakan jalan. Ia meminta masyarakat agar bersabar menunggu respon perbaikan, mengingat banyak jalan yang sedang diperbaiki.

“Terima kasih atas laporannya. Insyallah semua laporan masyarakat kita respon dengan baik, kalau pun agak terlambat kita mohon pengertiannya,” tukas Virgo.(yan/kmf/3).

Comment

BERITA TERBARU