by

Forum Warga Awas Pemilu Sambangi Kurau Barat

KOBA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggelar kegiatan Forum Warga Awas Pemilu di Desa Kurau Barat, Kecamatan Koba, Senin (14/9/2018). Kegiatan ini bertujuan mengembangkan kegiatan pengawasan sosialisasi partisipatif di wilayah Kabupaten Bangka Tengah.

Turut hadir dalam kegiatan ini Komisioner Bateng yakni Robianto, Muhamad Utoyo dan Wahyu Tri Buwono, Ketua Panwaslu Kecamatan se- Kabupaten Bateng, Ketua BPD Desa Kurau Barat Giman serta puluhan warga setempat.

Selama di Desa Kurau Barat, Komisioner Bawaslu Bangka Tengah menggelar dialog seputar pengawasan Pemilu 2019 bersama warga yang penduduknya mayoritas berprofesi sebagai nelayan ini.

Ketua Bawaslu Bateng Robianto, disela-sela dialog mengatakan pada Pemilu 2019 merupakan penyelenggaraan pemilu serentak untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD provinsi, serta DPRD kabupaten dan kota.

“Pemilu 2019 sebentar lagi akan memasuki tahapan kampanye, untuk itu masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam menyukseskannya. Salah satu caranya dengan terlibat aktif dalam pengawasan Pemilu guna mendorong terciptanya Pemilu Tahun 2019 yang demokratis, bermartabat dan berkualitas,” tambahnya.

Dis mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Kurau Barat yang telah memberikan kesempatan untuk bersosialisasi. “Pengawasan pemilu yang melibatkan masyarakat ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kecurangan pemilu dalam rangka menciptakan pemilu yang demokratis serta masyarakat bisa menetapkan pilihan berdasarkan hati nurani bukan berdasarkan rupiah,” harapnya.

Wahyu Tri Buwono selaku Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa menambahkan bahwa beberapa hal terkait larangan kepala desa dan aparat desa ikut serta dalam kampanye peserta pemilu telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Jika ada hal-hal yang meresahkan warga di desa, sebisa mungkin untuk di cegah terlebih dahulu. Kalau memang tidak bisa dicegah, maka masyarakat boleh melaporkannya kepada pengawas pemilu. Adanya sosialisasi ini mari kita bersama-sama mengawasi wakil rakyat yang terbaik untuk memimpin kita kedepannya dalam menciptakan kampanye yang aman dan kondusif,” ungkapnya. (ran/10)

Comment

BERITA TERBARU