by

Forum Konsultasi Publik Tampung Aspirasi Masyarakat

-Bangka Tengah-181 views
Forum Konsultasi Publik yang digelar Pemprov Babel di Gale-gale Resto, Pangkalan Baru, Bangka Tengah (Bateng), Rabu (6/2/2019). (foto: Nurul Kurniasih)

PANGKALANBARU- Berbagai cara dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) untuk menerima masukan dan usulan program dari berbagai kalangan masyarakat. Salah satunya, melalui Forum Konsultasi Publik, dengan mengundang berbagai elemen masyarakat bertempat di Gale-gale Resto, Jalan Bukit Kejora, Pangkalan Baru, Bangka Tengah (Bateng), Rabu (6/2/2019).

Sekda Pemprov Babel Yan Megawandi mengatakan, forum konsultasi publik ini baru pertama dilaksanakan Pemprov Babel untuk mendapatkan usulan dan masukan dari masyarakat yang akan menjadi rumusan pemerintah daerah dalam menyusun rencana awal kerja perangkat daerah untuk tahun 2020. “Forum ini momen sangat strategis bagi kita untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan yang mampu menggantikan isu strategis,” ujar Sekda.

Tahun 2020, kata Sekda, merupakan tahun ketiga bagi Pemprov Babel dalam upaya pencapaian visi Pemprov Babel yaitu menuju Babel sejahtera provinsi maju yang unggul di bidang agropolitan dan bahari, tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang efisien dan cepat berbasis teknologi.

Dia menyebutkan, penyusunan RKPD harus lebih cermat dan terintegratif serta mampu menjawab pertanyaan permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah. “Output dari konsultasi publik ini diharapakan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakeholder, dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan penganggaran pelaksanaan dan pengawasan,” tandasnya.

RKPD 2020, lanjutnya, dihadirkan merujuk pada dokumen perencanaan RPJP nasional dan RPJM nasional dan RJP 2020, RPJP dan RPJM Babel dilihat dari keterkaitan prioritas pembangunan, kebijakan dan arah pembangunan yang akan dilaksanakan.

Dengan berpedoman para arah pembangunan berdasarkan RPJMD Babel serta memperhatikan arah kebijakan nasional dan tema RKP 2020, dimana tema pembangunan Pemprov Babel 2020, katanya adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan kesehatan masyarakat dan pendidikan masyarakat. “Enam prioritas pembangunan daerah dengan enam sasaran daerah dan 19 arah kebijakan dengan tujuan utama peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ulasnya.

Hasil dari masukan yang didapat pemprov dari forum konsultasi publik ini akan dirumuskan dan dibahas oleh OPD terkait serta akan menjadi pembahasan dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat provinsi pada awal April 2019 mendatang.

“22 OPD membuka desk disini, kalau mau ngomong atau menyampaikan ide-ide dan masukan silahkan ke desk yang ada, pilih sesuai masukan, kita menjemput dan membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya,” tandasnya.

Meskipun hanya digelar satu hari, namun Yan memastikan bahwa undangan forum konsultasi publik ini sudah disebar jauh-jauh hari dan yang diundang pun cukup mewakili masing-masing bidang, baik dari pelaku usaha, BUMN, masyarakat, tokoh masyarakat, organisasi hingga media massa.

“Nanti kami menampung masyarakat itu pengennya seperti apa sih, finalisasi usulam ini waktu Musrenbang tingkat provinsi, jadwalnya Minggu pertama bulan April, kita berharap dari sekarang sampai kesitu ada masukan sesuai dengan kewenangan kita,” jelas Yan.

Mantan Kepala Bappeda Babel ini menambahkan, apabila dari usulan masyarakat ini ternyata berhubungan dengan kewenangan daerah, maka provinsi akan menyampaikan ke daerah yang dimaksud. “Misalnya berkaitan dengan pendidikan di SD dan SMP. Itukan menjadi kewenangan kabupaten/kota, akan kita teruskan ke daerah,” imbuhnya.

Metode ini, lanjut Yan, akan dievaluasi sejauh mana efektivitas dan ketepatan dalam penyampaian usulan masyarakat. Sehingga kedepan akan terus disempurnakan dan ditingkatkan jika memang efektif memberikan masukan terhadap program prioritas yang akan dilaksanakan.(nov/10)

Comment

BERITA TERBARU